Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuil Kuno di China Didigitalisasi, Wisatawan Bisa Lihat Bangunan Asli

Kompas.com - 29/05/2023, 13:32 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Xinhuanet

KOMPAS.com - China memulai digitalisasi terhadap Kuil Dafo atau Kuil Buddha Besar di Kota Zhangye di Provinsi Gansu, China.

Kuil tersebut dibangun pada tahun 1098 selama Dinasti Xia Barat (1038-1227), yang artinya sudah berusia lebih dari 900 tahun. Kuil ini merupakan kuil kuno penting di Jalur Sutera.

Baca juga:

Dikutip dari XInhua, pada prosesnya, informasi digital dari Aula Buddha Besar serta sebuah pagoda yang mencakup 30 figur di aula dan lukisan dinding lebih dari 530 meter persegi akan dikumpulkan.

Menurut kepala lembaga peninggalan budaya Kuil Buddha Raksasa Zhangye (Zhangye Giant Buddha Temple), Wang Kang jika pengerjaan sudah selesai, pengunjung akan dapat melihat tata letak candi di dinasti yang berbeda, proses pembangunan Buddha tidur besar, serta legenda-legenda Buddha pada lukisan dinding di galeri digital.

Ia menambahkan, kuil tersebut sudah melalui sejumlah renovasi dan rekonstruksi pada Dinasti Ming dan Qing (1368-1911). Teknologi digital memungkinkan para pengunjung melihat tampilan aslinya.

Biasanya, demi alasan perlindungan, lantai dua Aula Buddha Besar ditutup untuk umum. Namun nantinya, pengunjung juga bisa melihat bagian dari aula.

Baca juga:

Ke depannya, pengerjaan digitalisasi juga akan diperluas ke barang-barang lainnya dan bangunan lain di kompleks kuil.

"Di masa depan, orang akan dapat melihat semua bagian aula di dunia digital," ucap Wang.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com