Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Balap Sepeda Sambil Nikmati Danau Ranau di Sumatera Selatan

Kompas.com - 09/06/2023, 12:36 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penggemar olahraga sepeda, atlet, dan masyarakat umum yang tertarik dengan sport tourism sembari berwisata bisa mengikuti Sriwijaya Ranau Gran Fondo (SRGF) 2023. 

Perhelatan bersepeda kelima yang dilaksanakan di Danau Ranau di Kabupaten Oku Selatan, Provinsi Sumatera Selatan, ini akan digelar pada Sabtu (19/8/2023). 

Baca juga:

"Bersepeda jarak jauh mulai 34-113 km (kilometer) yang berlokasi di Danau Ranau. Melibatkan peserta dari komunitas sepeda, penghobi, atlet, hingga amatir bisa ikut," kata panitia SRGF 2023 Fikri Heriyanto saat acara Gebyar Wisata Nusantara (GWN) Expo 2023, Jakarta, Kamis (8/6/2023). 

Diadakan berdekatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2023, tema SRGF tahun ini adalah Independence for Ride. Untuk pendaftaran dibuka secara gratis sampai sekitar bulan Juli.

"Target kami 2.000 orang dari berbagai daerah. Bisa daftar langsung di Instagram atau langsung ke stand kami, pendaftaran gratis tidak ada biaya," imbuhnya. 

Adapun kategori pertandingan dibagi menjadi tiga yaitu Road Bike sejauh 113 km, Mountain Bike sejauh 68 km, dan Mini Wheels/Seli sejauh 34 km. 

Bersepeda untuk wisata dan olahraga

Pagi hari di Danau Ranau. Arif Syamsudin Budi Wahyudi Pagi hari di Danau Ranau.

Fikri menjelaskan, perbedaan Gran Fondo dengan Tour De adalah jenis pertandingannya.

Tour De dikhususkan bagi atlet yang serius untuk mengejar poin, sedangkan Gran Fondo merupakan pertandingan semi prestasi, ada kelas atlet dan juara namun masyarakat juga dilibatkan untuk bersepeda secara santai dan menyenangkan (fun cycling). 

"Sriwijaya Ranau Gran Fondo ini wisata dan olahraga, kami kami enggak mengkhususkan atlet-atlet terkenal saja. Kami open, bisa untuk semua kalangan," ujar dia. 

Oleh karena itu, Fikri mengatakan bahwa peserta yang ingin bersepeda santai atau bahkan sekadar berjalan-jalan menikmati acara juga dipersilakan datang. 

Baca juga:

Lebih lanjut, ia menjelaskan, terdapat rangkaian kegiatan pendukung sepanjang acara yang bekerjasama dengan pemerintah daerah Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung karena lokasi Danau Ranau yang ada di antara keduanya. 

"Bukan semata-mata event olahraga atau kompetisi, tapi mengangkat UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) dan rangkaian event lainnya, seperti tarian, pergelaran seni budaya, ada obyek wisata pendukung," tutur dia.

Adapun sejumlah hadiah yang disediakan untuk pemenang, antara lain mobil, motor, dan uang tunai. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com