Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jakarta Creative Zone Riverview, Bisa "Hangout" di Tepi Kali Ciliwung

Kompas.com - 11/06/2023, 15:31 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Warga Jakarta dan sekitarnya yang berkegiatan di sekitar Sudirman, bisa coba mampir ke ruang kreatif yang baru saja dibuka, yakni Jakarta Creative Zone edisi Riverview.

Jakarta Creative Zone yang diluncurkan oleh Jakarta Experience Board/ PT Jakarta Tourisindo (Perseroda) pada Minggu (11/6/2023) ini cocok jadi tempat nongkrong di tengah pusat kota.

“Kalau buat anak nongkrong pas, tempat duduknya banyak, di bawah ada di atas juga ada, jadi gak bosen. Enggak cuma satu space, jadi fresh ya,” kata seorang pengunjung dari Jakarta Timur bernama Aufa, saat ditemui Kompas.com, Minggu (11/6/2023).

Baca juga: Ada Ruang Kreatif Baru di Jakarta, Bisa untuk Nongkrong Santai

Ia mengaku sengaja berkunjung bersama keluarganya untuk melihat zona kreatif yang sedang ramai di Instagram Jakarta Experience Board (JXB)/PT Jakarta Tourisindo (Perseroda).

“Kemarin aku dapat info dari Instagramnya JXB, lagi ramai di-posting di mana-mana, jadi langsung ke sini aja tanpa Car Free Day (CFD) dulu,” imbuhnya.

Bisa nongkrong dan jajan di samping Kali Ciliwung

Sebagai informasi, zona kreatif edisi Riverview ini mengawali rangkaian beberapa Jakarta Creative Zone yang akan dibuka selanjutnya.

Smart glass toilet di Jakarta. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Smart glass toilet di Jakarta.

Jakarta Creative Zone-Riverview berlokasi di Banjir Kanal Barat,  Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Tepatnya di samping Stasiun BNI City.

Posisinya persis di sebelah Kali Ciliwung, sungai di Jakarta yang legendaris. Meski tidak terlalu eksotis atau indah, pemandangan nongkrong dan jajan di samping Kali Ciliwung dianggap cukup unik.

“Meskipun sungainya kayak begini, tapi oke lah ya untuk masyarakat Jakarta,” kata Aufa.

Baca juga:

Menurutnya, nongkrong sambil jajan di Jakarta Creative Zone-Riverview cukup menyenangkan, meski tidak ada sarana khusus keluarga.

“Saya udah keliling sampai ujung lihat semuanya, ada toilet transparan juga, keren ya. Bagus karena mungkin fokus pasarnya lebih untuk nongkrong, bukan keluarga yang bawa anak paling lihat-lihat,” tutur dia.

Dari pantauan Kompas.com, tahap pertama Jakarta Creative Zone-Riverview sepanjang 150 meter yang dibuka memang berisi tempat duduk, tenant makanan, dan tempat berkreasi. Tidak ada taman atau ruang bermain khusus anak.

Adapun pihak JXB menyampaikan bahwa Jakarta Creative Zone-Riverview akan diperpanjang sampai ke Stasiun Karet sejauh 600 meter, dengan memperbanyak area hijau.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com