Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Wisata Air Terjun Terkenal di Jawa Barat untuk Liburan di Alam

Kompas.com - 11/06/2023, 22:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Mengunjungi air terjun atau curug bisa menjadi alternatif mengisi liburan. Jika berada di Jawa Barat, kamu bisa menjelajahi sejumlah air terjun yang terkenal.

Curug tersebut menawarkan pemandangan alam yang indah serta asri. Selain itu, pengalaman mendaki menuju lokasi air terjun bisa menjadi kegiatan seru mengisi liburan.

Baca juga:

Wisata air terjun di Jawa Barat

Berikut wisata air terjun terkenal di Jawa Barat seperti dihimpun Kompas.com.

1. Curug Citumang

Curug Citumang berada di Kabupaten Pangandaran, tepatnya diDesa Bojong, Kecamatan Parigi.

Daya tarik Curug Citumang adalah aliran sungai jernih berwarna kehijauan yang membelah hutan jati, seperti dikutip dari Pangandaran Tourism.

Aliran Sungai Citumang menembus ke dalam gua dengan tepian sungai dihiasi bermacam-macam ornamen batu alam. Ada beragam kegiatan yang dapat dilakukan pengunjung, seperti berenang, body rafting, atau sekedar menikmati pemandangan curug dan sungai. 

2. Cukang Taneuh

Green Canyon atau Cukang Taneuh di PangandaranWikimedia Commons Green Canyon atau Cukang Taneuh di Pangandaran

Masih berada di Pangandaran, kamu bisa menjumai curug populer di Jawa Barat lainnya, yaitu Cukang Taneuh. Wisata alam ini juga dikenal sebagai Green Canyon.

Wisata ikonik ini berada di  Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Ikon wisata Pangandaran ini sebetulnya berupa aliran sungai yang menembus gua, serta diapit dua tebing bebatuan yang terbentuk secara alamiah. Kamu bisa menemukan curug kecil di tebing bebatuan tersebut.

Adapun nama Green Canyon, pertama kali dipopulerkan oleh seorang turis yang bernama Bill Jhon. Sebab, obyek wisata tersebut mengingatkannya pada sebuah ngarai di Grand Canyon, Arizona, AS yang membelah Sungai Colorado.

Ada berbagai aktivitas yang bisa kamu lakukan selama menjelajah Green Canyon, seperti menyusuri sungai, body rafting, wall climbing, dan sebagainya.

Baca juga:

3. Curug Citambur 

Curug Citambur di Kecamatan Pasir Kuda, Kabupaten Cianjur.Disparbud Jabar Curug Citambur di Kecamatan Pasir Kuda, Kabupaten Cianjur.

Curug Citambur sempat viral beberapa waktu lalu karena keberadaan rumah Abah Jajang yang memiliki panorama langsung ke curug. Dari sekian banyak curug di Cianjur, Curug Citambur merupakan salah satu yang cukup populer.

Daya tarik Curug Citambur adalah air terjun setinggi 130 meter, dikutip dari Kompas.com, Jumat (5/11/2021).

Aliran air terjun tersebut dikelilingi tebing tinggi di sekitarnya yang menambah pesona curug tersebut. Selain aliran utama, ada juga aliran lebih kecil di bawahnya yang menuju telaga kecil.

Tersedia spot foto khusus bagi pengunjung dengan latar belakang aliran curug yang deras. Curug Citambur terletak di Desa Karangjaya, Pasirkuda, Kabupaten Cianjur.

4. Curug Luhur 

Pemandangan Curug Luhur atau Curug Lesti di Cianjur, Jawa BaratDok. https://simparda.cianjurkab.go.id Pemandangan Curug Luhur atau Curug Lesti di Cianjur, Jawa Barat

Curug lainnya yang populer di Cianjur adalah Curug Luhur. Dengan ketinggian sekitar 30 meter, curug ini memiliki beberapa aliran air terjun yang bertingkat.

Alam sekitar Curug Luhur masih asri yang ditandai dengan pepohonan hijau di sekelilingnya. Tarif masuk ke lokasi curg cukup ramah kantong yakni Rp 10.000 per orang.

Lokasinya berada di Desa Pamoyanan, Batulawang, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com