Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Pekunden di Banyumas Masuk 75 Besar ADWI dengan Atraksi Wisata yang Terbatas

Kompas.com - 12/06/2023, 07:31 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Suatu desa wisata tidak perlu harus selalu punya banyak sumber daya alam yang jadi daya tarik wisata.

Salah satu contohnya adalah Desa Wisata Pekunden yang berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Menurut pihak Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wisanggeni yang mengelola Desa Wisata Pekunden, sumber daya alam (SDA) sebagai daya tarik wisata di sana memang terbatas.

Baca juga: Sejarah Berdirinya Banyumas yang Kini Berusia 452 Tahun

Desa ini hanya punya Sungai Serayu di sisi utara dan hamparan sawah di wilayah selatan, sebagai sumber daya alam yang bisa dikembangkan sebagai tempat wisata.

Meski demikian, hal itu tidak menghalangi Desa Wisata Pekunden untuk masuk 75 besar dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, maka saya nyatakan Desa Wisata Pekunden menjadi desa wisata terbaik di Indonesia," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam siaran pers yang Kompas.com terima, Minggu (11/6/2023).

Kreativitas Desa Wisata Pekunden

Prestasi Desa Wisata Pekunden itu diperoleh karena kreativitas masyarakat, meski dalam keterbatasan SDA.

Masyarakat desa menghadirkan paket wisata edukasi kepada wisatawan yang berkunjung untuk mendapat pengalaman dan pengetahuan.

Menparekraf Sandiaga Uno Saat Berkunjung ke Desa Wisata Pekunden, BanyumasDok. Kemenparekraf Menparekraf Sandiaga Uno Saat Berkunjung ke Desa Wisata Pekunden, Banyumas

Pengunjung bisa belajar membuat kuliner tradisional nopia, belajar cara memainkan alat musik tradisional gamelan, membatik, belajar tarian Lengger Banyumas, belajar proses pembuatan Teh Telangsa, hingga memetik buah naga.

Untuk wisata petik buah naga, andai sedang tidak masa panen, pihak desa tetap akan mengadakan edukasi, mulai dari proses penanaman hingga cara memotong buah naga.

Baca juga: 15 Wisata Banyumas yang Menarik, Banyak Tempat Wisata Alam

Adapun untuk makin mengembangkan Desa Wisata Pekunden, pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Banyumas, akan membuat pola perjalanan atau travel pattern.

Wisata petik buah naga di Desa Wisata Pekunden, Banyumas.Dok. Kemenparekraf Wisata petik buah naga di Desa Wisata Pekunden, Banyumas.

Hal itu ditujukan untuk menghubungkan sejumlah tempat wisata yang ada di Kabupaten Banyumas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com