Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pameran Seni Litter Critters di Jakarta, Bisa Bikin Kreasi dari Sampah

Kompas.com - 23/06/2023, 12:44 WIB
Sania Mashabi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika sedang mencari aktivitas kreatif untuk mengisi akhir pekan di Jakarta, mampir ke pameran seni Litter Critters bisa menjadi pilihan. 

Pameran ini digelar di Erasmus Huis, kantor Kedutaan Belanda untuk Indonesia, Jalan HR Rasuna Said Nomor 3, Setiabudi, Jakarta Selatan.

"Pamerannya terbuka untuk umum siapa saja boleh datang," kata salah satu petugas keamanan Erasmus Huis, Retnawati kepada Kompas.com, Kamis (22/6/2023).

Pameran seni Litter Critters  dibuat oleh seorang guru sekaligus seniman asal Belanda bernama Arike Gill yang terinspirasi dengan banyaknya sampah di taman kota, cagar alam, dan pantai yang didatanginya di Belanda.

Baca juga: Pameran Ghostival di Senayan City, Hantu yang Seram Malah Jadi Lucu

Keresahan itu dituangkannya dalam bentuk hasil karya seni berupa cetakan komputer, lukisan, instalasi, hingga video yang menggambarkan banyaknya sampah di ruang terbuka.

Pameran Seni Litter Critters, Erasmus Huis, Jakarta SelatanKOMPAS.com/SANIAMASHABI Pameran Seni Litter Critters, Erasmus Huis, Jakarta Selatan

Dalam pamerannya, Arike juga ingin menyampaikan bahwa sebenarnya sampah bisa bermanfaat salah satunya dengan dibuat menjadi kerajinan.

Membuat kreasi dari sampah

Pengunjung yang datang ke pameran seni Litter Critters diperbolehkan membuat berbagai macam kreasi dari sampah bersih yang disediakan penyelenggara.

Baca juga: 5 Aktivitas di Pameran Ghostival Senayan City, Bisa Foto Instagramable

Pengunjung bisa memilih sendiri sampah yang ingin digunakan untuk membuat kreasi dengan peralatan yang disediakan seperti gunting, lem, dan solatip.

Pameran Seni Litter Critters, Erasmus Huis, Jakarta SelatanKOMPAS.com/SANIAMASHABI Pameran Seni Litter Critters, Erasmus Huis, Jakarta Selatan

Pantauan Kompas.com, pameran itu banyak didatangi oleh keluarga, kelompok pertemanan hingga pasangan muda-mudi. 

Setelah membuat karya, mereka memajangnya di area pameran yang memang diperbolehkan oleh penyelenggara. Apabila tidak ingin dipajang, pengunjung bisa membawa pulang hasil karyanya. 

Baca juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Main ke Pameran Seni di Artina Sarinah

Salah seorang pengunjung, Sarah, mengatakan mampir ke pameran ini karena melihatnya di media sosial. 

"Datang ke sini karena liat di TikTok kayaknya bagus. Pas datang, eh iya bagus, seru juga bisa buat kerajinan," katanya. 

Adapun pengunjung yang datang ke pameran seni Litter Critters tidak dikenakan biaya apapun alias gratis.

Pameran ini berlangsung sejak 9 Juni hingga 13 Agustus 2023, buka setiap Selasa-Sabtu mulai dari pukul 10.00 hingga 16.00 WIB.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com