Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Karya Lukis Terinspirasi Tokyo di MoJA Museum Jakarta

Kompas.com - 23/06/2023, 10:26 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Jika sedang singgah di kawasan Senayan, Jakarta dan mampir ke museum seni interaktif MoJA Museum di Kompleks Gelora Bung Karno, di salah satu sudut kamu bisa menemukan lukisan bertema perjalanan ke Tokyo.

Lukisan bertajuk "A Journey of Connections" tersebut merupakan karya seniman Rachel Ajeng yang berkolaborasi dengan maskapai penerbangan berbiaya rendah Scoot.

Baca juga: Scoot Sediakan Rute ke Jeju Korea Selatan, Harga Mulai Rp 4 Jutaan

Sekilas, lukisan dengan warna-warna vibrant tersebut terlihat meriah. Jika menebak lukisan itu punya sentuhan Jakarta dan seolah turut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) DKI Jakarta pada 22 Juni, tak terlalu salah juga.

Sebab, dalam lukisannya, Rachel memasukkan beberapa unsur ikonis dari Jakarta, seperti Monumen Nasional (Monas) dan beberapa bangunan di kawasan Kota Tua.

"Aku mengambil beberapa bangunan yang ada di Kota Tua. Kalau mendekat (ke lukisan), terlihat ada orang-orang, (ukurannya) kecil-kecil lagi piknik dan bermain," ujar Rachel seraya menunjukkan sudut kiri lukisannya, Kamis (22/6/2023).

Baca juga: Scoot Layani Rute Yogyakarta-Singapura PP dari Bandara YIA

Lukisan yang menggambarkan sensasi bertualang dari Indonesia ke Jepang ini dibuat oleh Rachel seusai melakukan perjalanan ke Tokyo dan terbang menggunakan Scoot.

Beberapa unsur khas Jepang terlihat dalam lukisan tersebut, seperti Kuil Senso-ji, Taman Ueno dan kolam koinya, serta Gunung Fuji yang ikonis.

Kuil Senso-ji di Tokyo, Jepang.UNSPLASH/COLTON JONES Kuil Senso-ji di Tokyo, Jepang.

Ada pula layangan kuinobori yang merupakan simbol harapan orangtua agar anaknya tumbuh kuat dan berani, hingga kembang api yang identik dengan perayaan festival di Jepang.

"Karena perasaan kita kalau lihat kembang api senang, ya," tambahnya.

Baca juga: Tokyo dan Osaka Jadi Destinasi Favorit di Japan Travel Fair 2023

Ia menambahkan, setiap perjalanan memiliki suasana berbeda dan perjalanan wisata dapat memperkaya kehidupan seseorang, seperti yang dijalaninya di Tokyo.

Sementara itu, General Manager Indonesia of Scoot Johanes Ong menambahkan, pengalaman Rachel yang dituangkan lewat lukisan ini diharapkan dapat menginspirasi banyak orang Indonesia untuk memulai perjalanan wisata yang tak terlupakan, termasuk bersama Scoot.

Adapun lukisan karya Rachel akan dipamerkan di MoJA hingga 22 Oktober 2022.

Harga tiket masuk MoJA Museum dibanderol mulai dari Rp 125.000 per aktivitas, sementara harga tiket bundling dibanderol RP 360.000.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com