Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuta Lane, Landmark Baru di Mandalika dengan Spot Foto Estetis

Kompas.com - 03/07/2023, 10:06 WIB
Idham Khalid,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengembangkan Kuta Lane sebagai Landmark Baru di Kawasan The Mandalika.

Kuta Lane adalah koridor pejalan kaki yang menghubungkan Bazaar Mandalika dengan Kuta Beach Park (KBP), dihadirkan untuk memfasilitasi dan meningkatkan alur aktivitas para pengunjung dari KBP ke area Bazaar Mandalika, maupun sebaliknya.

Baca juga: Itinerary 2 Hari 1 Malam di Lombok, ke Pantai hingga Sirkuit Mandalika

General Manager ITDC The Mandalika Molin Duwanno mengatakan, Kuta Lane merupakan penghubung Bazaar Mandalika dan KBP, dengan konsep ruang fungsional yang disediakan bagi para pengunjung untuk menikmati berbagai fasilitas yang tersedia.

"Di area Kuta Lane, terdapat artwork space, taman bermain anak-anak yang ramah keluarga, spot foto ikonik yang memukau, dan panggung yang siap menjadi tempat pertunjukan seni yang menarik,” kata Molin dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/7/2023).

Pembangunan Kuta Lane telah dimulai sejak 21 Januari 2023 dan selesai pada 8 Mei 2023. Kuta Lane juga menjadi pusat kegiatan budaya dan seni yang dapat digunakan untuk pertunjukan musik, tari, dan teater.

"Wisatawan dapat menikmati keindahan seni dan budaya yang disajikan secara langsung melalui berbagai acara yang diselenggarakan di Kuta Lane," kata Molin.

Baca juga: 4 Fakta Tradisi Bau Nyale di Lombok, Berawal dari Putri Mandalika

Penampakan Kuta Line Mandalika sebagai akses penghubung Bazar Mandalika dan Kuta Beach Parkhumas itdc Penampakan Kuta Line Mandalika sebagai akses penghubung Bazar Mandalika dan Kuta Beach Park

Molin berharap dengan hadirnya Kuta Lane sebagai landmark ikonik di The Mandalika dapat  turut meningkatkan kunjungan wisatawan ke Mandalika.

"Selain itu, pembangunan Kuta Lane juga bertujuan untuk memaksimalkan potensi fasilitas Bazaar Mandalika yang sudah ada sebelumnya, serta memberikan pengalaman unik dan berkesan bagi para pengunjung," kata Molin.

Baca juga: Cara Mudah ke Pullman Mandalika Lombok Naik Kendaraan Pribadi atau Umum

Selain memfasilitasi pejalan kaki, serta pelaku seni dan budaya, Kuta Lane juga dapat digunakan oleh para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal, dengan 303 lapak tersedia.

Produk-produk yang dihadirkan seperti suvenir, kerajinan tangan, pakaian, dan kuliner khas Lombok.

Area Bazaar Mandalika berdekatan dengan Masjid Nurul Bilad dan Sentral Parkir yang memiliki kapasitas menampung 900 kendaraan.

Baca juga: 5 Pilihan Hotel di Lombok, Dekat Sirkuit Mandalika

Sementara Kuta Beach Park (KBP) adalah area pantai dengan panjang mencapai 1,4 kilometer yang menyuguhkan pemandangan laut serta sejumlah fasilitas wisata, seperti pancuran mandi, toilet, dan anjungan pandang.

@kompastravel

 

? ??? (DARARI)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com