Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menyusuri Jejak Arab di Cikini, Serasa di Timur Tengah

Kompas.com - 09/07/2023, 09:09 WIB
Gading Perkasa,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menyusuri daerah Cikini di Jakarta Pusat, kamu dapat menjumpai banyak tempat bertemakan Arab, mulai dari toko parfum, suvenir, hingga resto. Maka tidak heran, jika kawasan ini juga sering disebut sebagai Little Arab.

Kompas.com berkesempatan menelusuri kawasan Little Arab dari Cikini hingga Jalan Raden Saleh pada Sabtu (8/7/2023) bersama tim Wisata Kreatif Jakarta.

Dalam acara tur bertajuk "Little Arab Cikini", rombongan mendatangi 5 tempat yang memiliki sejarah dan kaitan dengan Arab, juga nuansa seolah seperti berada di Timur Tengah, yakni:

1. Makam Habib Cikini

Di bagian belakang Taman Ismail Marzuki (TIM), terdapat makan penyiar agama Islam dari era Batavia bernama Al Habib Abdurrahman bin Abdullah Al Habsyi atau lebih populer dengan nama Habib Cikini.

Lokasi makam terletak di Kompleks Apartemen Menteng Park, di Jalan Sekolah Seni, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Makam Habib Cikini berada di dalam masjid yang dibangun pengembang apartemen.

Makam Habib Cikini, Jakarta, Sabtu (8/7/2023) Makam Habib Cikini, Jakarta, Sabtu (8/7/2023)

"Waktu apartemen itu (Menteng Park) mau dibangun, makam ini sempat akan digusur. Tetapi tiba-tiba dari tanah keluar air. Warga percaya, air ini bisa menyembuhkan penyakit," jelas pemandu wisata Wisata Kreatif Jakarta Adjie Hadipriawan kepada Kompas.com, Sabtu (8/7/2023).

Pada akhirnya, pihak pengembang apartemen memutuskan untuk merenovasi makam dan membangun area itu sebagai bagian dari apartemen. Diketahui, Habib Cikini merupakan adik ipar Raden Saleh. Ia menikah dengan Syarifah Rogayah.

Baca juga: Panduan Lengkap Ziarah ke Makam Habib Cikini di Jakarta Pusat

"Dari pernikahan itu mereka tidak memiliki keturunan. Setelah istrinya meninggal, beliau menikah lagi dengan Hajah Salamah dan punya dua putra, Habib Kwitang dan Habib Abdul Qadir," lanjut Adjie.

Makam Habib Cikini terlihat ramai dikunjungi pada Sabtu (8/7/2023). Menurut petugas di Makam Habib Cikini bernama Choir, makam ini ramai peziarah pada akhir pekan. Terlebih, pada minggu pertama biasanya diadakan pengajian.

2. Rumah Raden Saleh

Rumah Raden Saleh yang kini menjadi bangunan cagar budaya mulai populer sejak peluncuran film "Mencuri Raden Saleh" yang diperankan Rachel Amanda pada tahun lalu.

Rumah Raden Saleh memiliki arsitektur dengan perpaduan gaya neo-klasik, pseudo-gotik, vernakular dan moor.

Rumah Raden Saleh, Cikini, Jakarta, Sabtu (8/7/2023) Rumah Raden Saleh, Cikini, Jakarta, Sabtu (8/7/2023)

"Pintu gerbang Rumah Raden Saleh ini SMP 1 yang menghadap Jalan Cikini. Taman Ismail Marzuki (TIM) dulu kebun binatang sebelum dipindah ke Ragunan," ujar Adjie kepada Kompas.com.

Dilansir pemberitaan Kompas.com pada 14 September 2022, Raden Saleh merancang rumah tersebut pada tahun 1852 sebagai peristirahatan pribadi, lalu menghuni bangunan itu hingga tahun 1862.

Baca juga: Mengintip Masjid di Cikini Peninggalan Maestro Lukis Raden Saleh

Rumah ini menjadi salah satu jejak Arab yang penting di kawasan Cikini, sebab Raden Saleh sang pendiri merupakan anak Sayyid Hoesen bin Alwi bin Awal bin Jahja yang keturunan Arab.

Karena letaknya yang berada di Kompleks Yayasan Kesehatan PGI Cikini, pengunjung bisa mendatangi Rumah Raden Saleh kapan saja.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com