Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wings Air Tambah Frekuensi Timika-Asmat Ewer, Jadi 7 Kali Seminggu

Kompas.com - 11/07/2023, 09:09 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wings Air (kode penerbangan IW) mengumumkan peningkatan frekuensi terbang rute Timika-Asmat Ewer di Papua pergi pulang (PP).

Mulai 10 Juli 2023, maskapai penerbangan ini melayani rute tersebut tujuh kali dalam seminggu guna mempermudah kebutuhan perjalanan masyarakat Timika dan Asmat.

"Melalui Timika, penerbangan dari dan menuju Asmat Ewer memberikan konektivitas yang lebih luas ke beberapa kota penting di Indonesia," kata Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis, Senin (10/7/2023). 

Baca juga: Wings Air Buka Rute Ternate-Buli PP mulai 3 Juli 2023

Beberapa kota tersebut antara lain adalah Jayapura, Nabire, Makassar, Surabaya, Bali, dan Jakarta.

Adapun Wings Air memulai penerbangan perdana Timika-Asmat Ewer-Timika pada 20 Agustus 2021, tahap awal menyediakan frekuensi terbang dua kali dalam seminggu, yaitu Senin dan Jumat.

"Seiring permintaan pasar semakin meningkat, pada 2022 Wings Air melayani frekuensi terbang menjadi tiga kali seminggu," imbuh Danang. 

Jadwal Wings Air rute Timika-Asmat Ewer 2023

  • Menggunakan pesawat bernomor IW-1604, berangkat dari Timika pukul 10.40 WIT dan tiba di Asmat Ewer pukul 11.30 WIT
  • Menggunakan pesawat bernomor IW-1605, berangkat dari Asmat Ewer pukul 12.00 WIT dan tiba di Timika pukul 12.55 WIT

Rute ini menggunakan pesawat modern yang didatangkan dari pabrikan pesawat yaitu ATR 72, berkapasitas 72 kursi kelas ekonomi.

Baca juga: Pesona Kaimana, Kota Senja di Tanah Papua

ATR 72 telah terbukti sebagai salah satu pesawat terpercaya dalam industri penerbangan dengan performa dan keandalan yang tinggi, untuk menjangkau wilayah hingga setingkat kecamatan.

Bandar Udara Baru di Asmat

Penerbangan berjadwal berdurasi 55 menit dari Bandar Udara Mozes Kilangin, Timika, Papua Tengah (TIM) menuju Bandar Udara Ewer di Kabupaten Asmat, Papua Selatan (EWE). 

"Wings Air turut mengucapkan selamat dan sukses atas peresmian Bandar Udara Ewer yang merupakan tonggak sejarah penting dalam pengembangan infrastruktur transportasi udara di Indonesia," kata Danang. 

Bandara Ewer di Kabupaten Asmat, Papua SelatanDok. Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Bandara Ewer di Kabupaten Asmat, Papua Selatan

Peresmian Bandar Udara Ewer, kata Danang, menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dalam membangun konektivitas udara yang lebih baik di wilayah ini.

"Bandar Udara Ewer yang modern dan representatif, diharapkan memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat Timika, Asmat Ewer, serta daerah sekitarnya," pungkas Danang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com