Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hutan Hujan ImersifKu, Cara Seru Belajar Pentingnya Hutan untuk Kehidupan

Kompas.com - 14/07/2023, 15:05 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hutan Indonesia merupakan hutan terluas kedua di dunia setelah hutan di Brazil. Hutan yang dimaksud mencakup semua hutan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Keberadaan hutan Indonesia nyatanya berperan penting sebagai pemasok oksigen sekitar 30 persen untuk seluruh makhluk hidup di bumi.

Creative Director Imagery Creative Mutaiara Martha Lena berpendapat, kondisi hutan Indonesia perlu dijaga dan dilestarikan sedari dini supaya oksigen segar masih bisa dihirup untuk anak cucu kelak.

Baca juga:

Menurut Lena, kesadaran akan pentingnya hutan yang tumbuh dalam diri setiap orang perlu dimulai dari hal-hal kecil. Salah satunya mulai berkenalan dengan hutan terlebih dahulu.

"Untuk sayang sama hutan, kita harus kenal dulu dengan hutan," kata Lena kepada Kompas.com di Hublife Mall Taman Anggrek, Jakarta Barat, Rabu (12/7/2023).

Ia pun menyadari, bahwa tidak semua orang bisa datang langsung ke hutan, khususnya orang-orang yang tinggal di perkotaan dan jauh dari hutan.

Oleh karena itu, supaya lebih banyak orang bisa mengenal secara dekat tentang pentingnya hutan, Lena menghadiran hutan hujan Indonesia dalam bentuk ruang imersif bernama Hutan Hujan Imersif.

Baca juga: Syarat Berkunjung ke Hutan Hujan ImersifKu, Wajib Lepas Alas Kaki

Ajak pengunjung peduli hutan

Lena menceritakan pendekatan yang dilakukan kepada pengunjung dalam ruang imersif ini yaitu pendekatan secara imajinsi dan alam bawah sadar.

Caranya dengan menghadirkan sebuah pertunjukan menarik berisi pesan moral mengenai peran hutan, seperti pertunjukkan dongeng.

"Kami menghadirkan pertunjukan dongeng. (Karena) kadang kita tidak ada waktu untuk mendongeng dan didongengkan. Jadi memori seperti itu yang ingin kami ciptakan, supaya pesannya sampai," kata Lena.

Baca juga: 6 Aktivitas di Hutan Hujan ImersifKu, Menikmati Dongeng dan Mewarnai

Hutan Hujan ImersifKu di Hublife, Mall Taman Anggrek.KOMPAS.com/ Suci Wulandari Putri Hutan Hujan ImersifKu di Hublife, Mall Taman Anggrek.

Pertunjukan dongeng juga dikemas dengan cara yang lebih menarik, seperti hadirnya pop up dengan gambar-gambar pendukung.

Selain itu, dongeng yang diceritakan pun tergolong ringan sehingga memudahkan anak-anak memahami pesan yang disampaikan.

"Misi kami mendekatkan hutan ke orang yang tinggal di kota dengan menggunakan teknologi untuk menumbuhkan imajinasi dan simpati," katanya.

Baca juga:

Jadi, katanya, ruang imersif yang dihadirkan bukan hanya hiburan semata. Melainkan punya nilai edukasi yang dikemas dengan konsep edutainment (edukasi dan entertainment). 

@kompastravel Hutan Hujan memang sebagus itu guys. Nah, nggak perlu jauh-jauh menyebrang pulau, kita bisa mampir ke tempat ini aja! Lokasinya di Hublife Jakarta ya guys.. Siapa nih yang udah mampir juga? Share yuk! #hutanhujan #wisataalam #alamindonesiaku #jakartaviral ? Fairytale (From "Shrek") - Geek Music

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com