Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wifi Gratis Tersedia di Padang, Wisatawan Makin Mudah Internetan

Kompas.com - 14/07/2023, 18:06 WIB
Rahmadhani,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

PADANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang di Provinsi Sumatera Barat menyediakan sebanyak 270 titik wifi gratis.Adapun Kota Padang juga sudah bebas dari daerah blank spot.

“Pemkot Padang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), pada tahun 2023 menyediakan sebanyak 270 titik wifi," kata Kepala Bidang (Kabid) Infrastruktur dan Teknologi Informasi (Inti) Diskominfo Padang, Fauzan Ibnovi, Kamis (13/7/2023).

Ia melanjutkan, wifi gratis itu tersebar di lokasi perkantoran dan area publik 11 kecamatan dan 104 kelurahan Kota Padang. Wifi gratis juga tersebar di area-area strategis dan pelayanan publik.

Baca juga: 7 Tempat Liburan di Padang Sumatera Barat, Ada Batu Malin Kundang

Dengan begitu, wisatawan yang sedang berkunjung ke Kota Padang akan makin mudah untuk mengakses internet untuk berbagai keperluan, mulai dari menunggah konten di media sosial hingga bekerja sambil liburan.

Kemudahan akses internet pun diharapkan bisa makin mempromosikan wisata Kota Padang dan sekitarnya dari wisatawan yang mengunggah konten ke media sosial.

“Adapun sebanyak 60 titik wifi gratis terdapat di area publik. Seperti loket pelayanan, kantor pemuda, posyandu, taman-taman digital, hingga tempat belajar publik seperti Youth Center,”ujarnya.

Kata sandi dan nama pengguna mudah didapat

Dalam mengakses, pihaknya menjelaskan bahwa masyarakat dan wisatawan dapat mengakses dengan access point, nama pengguna, dan kata sandi yang sudah disediakan oleh Pemkot Padang.

Baca juga: Diskon Tiket Garuda Indonesia hingga 80 Persen, Ada Jakarta-Padang

"Password dan username mudah didapat. Semoga dengan layanan ini masyarakat (dan wisatawan) dapat terbantu," sambung Fauzan.

Ilustrasi Kota Padang.UNSPLASH/ERLIA ABDUL HAK Ilustrasi Kota Padang.

Ia pun berharap wisatawan dan masyarakat bisa memanfaartkan fasilitas wifi gratus secara bijak dan positif.

Pemkot Padang juga sudah melakukan filter terhadap konten-konten yang negatif, sehingga mereka yang mengakses konten negatif, otomatif akan terblokir dengan sendirinya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com