Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tempat Liburan di Padang Sumatera Barat, Ada Batu Malin Kundang

Kompas.com - 28/06/2023, 07:55 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Memasuki libur panjang Idul Adha 2023/1444 Hijriah, wisatawan bisa mengunjungi beberapa tempat wisata di Kota Padang, Sumatera Barat yang memiliki beragam daya tarik, mulai dari alam hingga legenda.

"Padang memiliki berbagai destinasi wisata unggulan yang menarik untuk dikunjungi saat momen libur Lebaran baik itu bersama keluarga ataupun sahabat," kata Kepala Dinas Pariwisata Padang, Yudi Indra Syani, dilansir dari Antara, Rabu (28/6/2023).

Baca juga:

Berikut beberapa tempat wisata di Padang yang direkomendasikan oleh Yudi:

Tempat liburan di Padang

1. Pantai Air Manis

Pantai Air Manis, Padang Shutterstock/Tijunction Pantai Air Manis, Padang

Pantai Air Manis termasuk salah satu tempat wisata populer di Padang. Selain pemandangan matahari terbenam (sunset)-nya yang ciamik, pantai ini juga menjadi lokasi Batu Malin Kundang.

Batu yang sepintas mirip orang yang tiarap tersebut tidak lepas dari legenda Malin Kundang. Konon, Malin Kundang dikutuk oleh ibunya karena menolak mengakui ibunya setelah berkelana dan menjadi orang kaya.

Pantai Air Manis berlokasi di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang. Jaraknya dari Bandara Minangkabau sekitar 30 kilometer (km) dengan waktu tempuh hampir satu jam.

Baca juga: Pantai Air Manis dan Legenda Batu Malin Kundang

2. Pantai Padang

Suasana senja di Pantai Padang, Padang, Sumatera Barat,  Jumat (17/2/2012). Potensi gempa berkekuatan besar berikut tsunami mengancam ribuan penduduk yang tinggal di kawasan merah yang berada di pesisir Kota Padang. KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO Suasana senja di Pantai Padang, Padang, Sumatera Barat, Jumat (17/2/2012). Potensi gempa berkekuatan besar berikut tsunami mengancam ribuan penduduk yang tinggal di kawasan merah yang berada di pesisir Kota Padang.

Pantai Padang berjarak 21-24 km dari Bandara Minangkabau dengan durasi perjalanan sekitar 35 menit. Lokasinya di Kecamatan Padang Barat, Kota Padang.

Dilansir dari laman Dinas Pariwisata Kota Padang, pantai ini cocok dijadikan spot berenang, bersantai di hamparan pasir, dan menikmati pemandangan sunset

Tersedia pula sejumlah spot Instagramable berupa monumen sebagai latar foto dan kafe-kafe untuk tempat nongkrong.

Baca juga: Pesona Masjid Al Hakim Padang, Mirip Taj Mahal di Tepi Pantai 

3. Cimpago

Ilustrasi tempat wisata Cimpago di Kota Padang, Sumatera Barat.Dok. Shutterstock/dion_md5 Ilustrasi tempat wisata Cimpago di Kota Padang, Sumatera Barat.

Cimpago sesungguhnya nama sebuah danau yang terletak cukup dekat dengan Pantai Padang. Dari pantai tersebut, wisatawan bisa berjalan sekitar 11 menit atau sejauh kira-kira 900 meter untuk sampai di danau buatan ini.

Dikutip dari laman Dinas Pariwisata Kota Padang, danau ini awalnya dibuat sebagai drainase wilayah Purus, sekaligus mengendalikan banjir di Kota Padang. Selanjutnya danau ini pun dijadikan obyek wisata.

Selain menikmati pemandangan danau, wisatawan bisa berfoto di tempat ini.

Baca juga: Padang Ditargetkan Jadi Destinasi Wisata Sejarah

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com