Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Wisata Dekat Tugu Muda Semarang, Ada Kampung Pelangi

Kompas.com - 16/07/2023, 16:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Monumen Tugu Muda merupakan salah satu ikon Kota Semarang yang dibangun untuk memperingati peristiwa heroik, Pertempuran Lima Hari di Semarang.

Kawasan ini dikelilingi sejumlah wisata dekat Tugu Muda Semarang yang bisa dikunjungi para traveler. Lokasi Tugu Muda sangat strategis berada di jantung Kota Semarang, tepatnya di persimpangan lima jalan utama, yaitu Jalan Pandanaran, Jalan  Sugiopranoto, Jalan Imam Bonjol, Jalan Pemuda, dan Jalan Sutomo.

Baca juga:

Bangunan Tugu Muda Semarang menyerupai lilin dengan nyala api. Mengutip laman Visit Jateng, bentuk lilin tersebut menggambarkan semangat juang warga Semarang yang tidak pernah padam dalam menghadapi tentara Jepang dalam Pertempuran Lima Hari Semarang.

Wisata dekat Tugu Muda Semarang 

Berikut destinasi wisata dekat Tugu Muda Semarang, seperti dihimpun Kompas.com. Beberapa diantaranya bisa dijangkau dengan berjalan kaki.

1. Lawang Sewu

Situs bersejarah Museum Lawang Sewu yang terletak di Tugu Muda, pusat Kota Semarang, Selasa (2/5/2023).KOMPAS.COM/Titis Anis Fauziyah Situs bersejarah Museum Lawang Sewu yang terletak di Tugu Muda, pusat Kota Semarang, Selasa (2/5/2023).

Tepat di seberang Tugu Muda, wisatawan bisa menjumpai Lawang Sewu yang ikonik. Gedung bersejarah ini, merupakan museum perkeretaapian milik PT KAI (Persero).

Awalnya, Lawang Sewu digunakan sebagai Kantor Pusat perusahaan kereta api swasta Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). Bangunan Lawang Sewu turut menjadi sakti Pertempuran Lima Hari di Semarang. Kala itu, Lawang Sewu menjadi tempat tentara Jepang ketika melawan warga Semarang.

Gedung Lawang Sewu dibangun secara bertahap, bangunan utama dimulai pada 27 Februari 1904 dan selesai pada Juli 1907.  Nama lawang sewu berarti seribu pintu dalam bahasa Jawa, karena bangunan ini memiliki pintu sangat banyak, meski jumlahnya tidak sampai seribu.

2. Museum Perjuangan Mandala Bhakti

Selain Lawang Sewu, ada Museum Perjuangan Mandala Bakti yang berlokasi di depan kawasan Tugu Muda Semarang. Tepatnya di Jalan Soegijapranata Nomor 1, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.

Jika berkunjung ke museum ini, kamu bisa menemukan koleksi sejarah tentang data, dokumentasi, dan persenjataan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Museum yang diresmikan pada 1 Maret 1985 ini, menyimpan seragam yang digunakan oleh para prajurit TNI saat perang, kendaraan perang, dan lukisan-lukisan Pangeran Diponegoro.

Baca juga:

3. Gereja Katedral Semarang 

Gereja Katedral SemarangTribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas Gereja Katedral Semarang

Gereja Katedral Semarang mempunyai nama resmi Gereja Katedral Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci. Lokasinya berada di seberang Tugu Muda.

Tepatnya di Jalan Pandanaran Nomor 9, Randusari, Kota Semarang. Gereja terbesar di Semarang ini, menjadi wisata religi bagi umat Nasrani.

Mengutip Tribun Jateng, Gereja Katedral memiliki bangunan megah bergaya kuno. Dulunya, bangunan gereja adalah kantor Dinas Kesehatan Belanda bernama Dienst voor Volkgezondheid.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com