Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja yang Ada di Lawang Sewu Semarang? Simak Ulasannya

Kompas.com - 06/07/2023, 21:45 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Lawang Sewu merupakan ikon wisata Kota Semarang yang tidak boleh dilewatkan saat berwisata ke Kota Atlas. Bangunan bergaya kolonial tersebut berdiri megah di pusat Kota Semarang, sehingga memikat setiap orang yang melintas.

Bagi yang belum pernah berkunjung, mungkin bertanya-tanya, apa saja yang ada di Lawang Sewu Semarang? Berikut ulasannya seperti dihimpun Kompas.com.

Baca juga:

Lawang Sewu adalah museum perkeretapian 

Ilustrasi Kota Semarang, Lawang Sewu, Tugu MudaShutterstock/Sony Herdiana Ilustrasi Kota Semarang, Lawang Sewu, Tugu Muda

Bangunan yang berada di Jalan Pemuda, Kota Semarang ini adalah museum perkeretaapian, yang dikelola oleh PT KAI (Persero). Bangunan utama Lawang Sewu dibangun pada 27 Februari 1904 dan selesai pada Juli 1907 pada masa kolonial Belanda, seperti dikutip dari laman KAI Heritage. 

Sementara, bangunan tambahan dibangun sekitar 1916 dan selesai pada 1918. Lawang Sewu awalnya berfungsi sebagai Kantor Pusat perusahaan kereta api swasta milik Belanda, Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM).

Lawang Sewu sempat jatuh ke tangan pemerintah Jepang, saat Belanda mundur dari Indonesia, tepatnya pada 1942-1945. Jepang menggunakan bangunan Lawang Sewu sebagai Kantor Ryuku Sokyoku atau Departemen Transportasi Jepang.

Baca juga:

Saat berada di tangan Jepang, Lawang Sewu menjadi saksi Pertempuran Lima Hari di Semarang pada 15 Oktober hingga 19 Oktober 1945, antara Angkatan Pemuda Kereta Api (AMKA) dengan tentara Jepang.

Untuk mengenai peristiwa bersejarah itu, dibangun monumen Tugu Muda Semarang yang berlokasi di depan Lawang Sewu.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com