Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Terkenal di Semarang? Temukan 6 Hal Menarik Ini   

Kompas.com - 05/07/2023, 11:45 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kota Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah, sekaligus salah satu kota terbesar di Indonesia.

Kota yang berada di pantai utara Jawa ini, merupakan salah satu kota populer di Indonesia, dari sisi wisata, budaya, kuliner, dan lainnya. 

Baca juga:

Lantas, apa yang terkenal di Semarang? Berikut ulasannya seperti dihimpun Kompas.com.

1. Lumpia 

Ilustrasi lumpia semarang. SHUTTERSTOCK/ismed_photography_SS Ilustrasi lumpia semarang.

Lumpia merupakan kuliner khas Kota Semarang, karenanya dijuluki sebagai Kota Lumpia. Ternyata, lumpia adalah perpaduan kuliner Indonesia dengan Tionghoa.

Mengutip Kompas.com (22/1/2023), lumpia bermula dari kisah cinta dua orang berbeda negara, yakni Tjoa Thay Yoe dan Wasih.

Tjoa Thay Yoe adalah seorang pendatang dari China yang singgah ke Kota Semarang pada akhir abad ke-19, sedangkan Wasih, adalah seorang pedagang makanan keturunan Jawa.

Setelah menikah, keduanya menciptakan lumpia yang terkenal sampai hari ini. Lumpia tersebut dari campuran rebung, daging cincang, ebi, dan lainnya kemudian dibungkus dengan kulit lumpia, lalu digoreng.

Selain lumpia, kamu bisa mencicipi kuliner khas Semarang lainnya seperti lapis legit, wingko babat, bandeng presto, tahu gimbal, tahu pong, tahu petis, dan sebagainya

2. Lawang Sewu 

Lawang Sewu Shutterstock/Teguh Jati Prasetyo Lawang Sewu

Siapa yang tidak kenal dengan bangunan bersejarah yang satu ini? Betul sekali, Lawang Sewu merupakan salah satu ikon wisata Kota Semarang.

Museum perkeretaapian ini berada di pusat Kota Semarang, tepatnya di Jalan Pemuda, Kota Semarang. 

Dalam bahasa Jawa, lawang berarti pintu, sedangkan sewu ialah seribu. Lawang Sewu dibangun secara bertahap pada masa pemerintahan Belanda pada periode 27 Februari 1904 sampai dengan 1 Juli 1907.

Awalnya, Lawang Sewu digunakan sebagai kantor pusat perusahaan kereta api swasta, Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (NISM). Namun, kini cagar budaya itu sudah berubah fungsi menjadi museum.

Baca juga:

3. Wisata Sejarah 

Bersantai di Taman Srigunting dengan Latar Gereja BlendukSHUTTERSTOCK Bersantai di Taman Srigunting dengan Latar Gereja Blenduk

Selain Lawang Sewu, Kota Semarang terkenal dengan beragam wisata sejarah lainnya. Sebut saja Kota Lama Semarang, Tugu Muda, Simpang Lima, Museum Kereta Api Ambarawa, dan Candi Gedong Songo.

Setiap wisata sejarah di Semarang memiliki latar belakang kisah yang menarik untuk diketahui. Misalnya, Kota Lama Semarang yang dulunya menjadi pusat pemerintahan pada masa Hindia Belanda.

Oleh sebab itu, kawasan cagar budaya ini memiliki banyak gedung-gedung tua dan bersejarah peninggalan Hindia Belanda yang berusia ratusan tahun.

Kemudian, Tugu Muda yang merupakan monumen peringatan peristiwa sejarah, yakni Pertempuran Lima Hari Semarang. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com