Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengalaman Berkunjung ke Pameran Artefak Nabi Muhammad di Tangerang

Kompas.com - 26/07/2023, 06:07 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika biasanya barang peninggalan nabi hanya bisa diketahui melalui buku sejarah peradaban agama Islam, kini kamu bisa melihatnya secara langsung di Tangerang, Banten.

Lebih tepatnya, kamu bisa mengunjungi Pameran Artefak Nabi yang diselenggarakan di Gedung Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tangerang, dalam rangka memeriahkan Festival Al-A'Zhom.

Baca juga:

"Biasanya bagi masyarakat Tangerang, kalau sudah digelar Festival Al A'Zhom, maka itu pertanda sudah Tahun Baru Islam. Itu sebagai patokannya," kata panitia penyelenggara pameran artefak nabi, Muhammad Issac Almahmudi kepada Kompas.com di lokasi, Senin (24/7/2023).

Ia melanjutkan, artefak peninggalan nabi yang dipamerkan di pameran ini asli, dan artefak ini hanya bisa dilihat pada saat acara.

Tak ketinggalan momen, Kompas.com pun bertolak ke gedung MUI Tangerang pada Senin (24/7/2023) untuk melihat pameran.

 

Pengalaman berkunjung ke Pameran Artefak Nabi Muhammad

Lokasi pameran ini tepat berada di dekat pintu masuk gedung MUI. Pada saat Kompas.com berkunjung ke lokasi, sudah ada dua orang petugas berpakaian gamis putih menyambut pengunjung.

Petugas di pintu masuk nantinya akan menanyakan terkait registrasi kunjungan, sekaligus menerima infak dari pengunjung. Setelah itu pengunjung dipersilakan masuk ke dalam ruang pameran.

Pameran artefak Nabi Muhammad SAW di Tangerang, Senin (24/7/2023).Kompas.com/Suci Wulandari Putri Pameran artefak Nabi Muhammad SAW di Tangerang, Senin (24/7/2023).

Akses masuk ke ruang pameran ini hanya dibatasi sebuah kain putih. Saat masuk ke ruangan pameran, alunan shalawat nabi mulai terdengar dan aroma oad mulai menguar.

Kompas.com mencoba melihat satu persatu barang yang dipamerkan. Meskipun sudah berumur raturan tahun, tapi barang-barang peninggalan nabi ini masih tampak bagus dan terjaga.

Baca juga: 5 Tips Berkunjung ke Pameran Artefak Nabi, Pakai Pakaian Sopan

Di antaranya ada wadah yang biasa digunakan oleh Nabi Muhammad SAW untuk minum air zamzam. Wadah tersebut berbentuk seperti kendi berbahan keramik yang mengilap terkena pantulan cahaya lampu ruangan.

Jubah asli milik Nabi Muhammad SAW di Pameran Artefak Nabi.Kompas.com/Suci Wulandari Putri Jubah asli milik Nabi Muhammad SAW di Pameran Artefak Nabi.

Selajutnya ada helaian rambut Nabi Muhammad SAW yang disimpan di dalam tabung kaca. Tidak ketinggalan, ada pula helaian rambut Siti Fatimah dan Siti Khadijah.

Untuk diketahui, Siti Fatimah ialah putri bungsu Nabi Muhammad SAW, sedangkan Siti Khadijah ialah istri pertama Nabi Muhammad SAW.

Adapun artefak peninggalan nabi yang menjadi icon pameran ini ialah jubah milik Nabi Muhammad SAW. Jubah tersebut dipajang dalam figura kaca, dan diletakkan persis di tengah ruangan pameran.

Baca juga: Aturan Berkunjung ke Pameran Artefak Nabi di Tangerang, Jangan Selfie

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com