Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan-jalan ke Taman Tabebuya di Jaksel, Cocok buat Healing

Kompas.com - 27/07/2023, 11:03 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Bersantai atau menghilangkan penat bersama keluarga di Jakarta saat akhir pekan tidak hanya bisa dilakukan di mal.

Kota Jakarta memiliki banyak taman dengan pepohonan rindang yang bisa menjadi tempat penghilang stres atau lelah.

Baca juga:

Banyak daerah di Jakarta yang sudah menyediakan taman lengkap dengan berbagai fasilitas. Taman-taman ini juga terawat dan dijaga dengan baik.

Bagi yang tinggal di kawasan Jakarta Selatan, ada salah satu taman yang bisa dikunjungi, yaitu Taman Tabebuya.

Gerbang depan Taman Tabebuya di Jagakarsa, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Gerbang depan Taman Tabebuya di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Taman Tabebuya berlokasi di Jalan Mohammad Kahfi I, Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Jam bukanya adalah setiap Senin-Minggu, pukul 07.00-17.30 WIB.

Rimbunnya Taman Tabebuya

Pada Rabu (26/7/2023) pagi menjelang siang, Kompas.com memutuskan berkunjung ke Taman Tabebuya.

Lokasinya cukup mudah dijangkau dengan transportasi umum. Naik Transjakarta jurusan Ragunan, menyambung naik JAK.45 dan JAK.47 yang biayanya gratis, lalu lanjut jalan kaki 180 meter untuk tiba di taman. 

Baca juga: Taman Tabebuya di Jagakarsa: Lokasi, Jam Buka, dan Fasilitas

Bagian depan taman ini ditutupi oleh pagar yang tidak terlalu tinggi. Pengunjung bisa langsung masuk lewat gerbang dan memarkirkan kendaraan jika membawanya.

Taman Tabebuya di Jagakarsa, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Taman Tabebuya di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Dari depan, Taman Tabebuya tampak dihiasi aneka pepohonan yang tinggi dan rimbun. Terlihat juga tulisan Taman Tabebuya berwarna merah putih, terpajang di atas kolam teratai berisi ikan-ikan.

Siang itu, sekitar pukul 12.00 WIB, Taman Tabebuya relatif sepi. Wajar saja, mengingat Rabu adalah hari kerja dan masih siang dengan cuaca tidak terlalu terik, meski cukup membuat berkeringat.

Baca juga: Taman Tabebuya di Jagakarsa: Lokasi, Jam Buka, dan Fasilitas

Hanya terlihat segelintir orang di taman, ada yang mengobrol dan uniknya ada juga yang berolahraga. Barulah sekitar pukul 13.00 dan 14.00 WIB, mulai banyak pengunjung yang berdatangan silih-berganti.

Memiliki bentuk persegi panjang dengan tiga sisi dikelilingi tembok yang bersebelahan dengan rumah mewah penduduk, taman ini tidak kehilangan sisi rimbun dan hijaunya.

Jika bagian depan terdapat kolam teratai, bagian dalam taman terdiri dari lebih banyak pepohonan tropis, tanaman, bunga, bukit, kursi, dan jembatan.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com