Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Wisata di Tanah Laut Kalimantan Selatan Jadi Lokasi Syuting Film, Ada Air Terjun

Kompas.com - 29/07/2023, 11:39 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berkunjung ke Kalimantan Selatan, ada suatu daerah yang memiliki wisata cukup lengkap dan aksesnya juga tidak sulit dijangkau. Daerah tersebut adalah Kabupaten Tanah Laut, dengan ibu kotanya Pelaihari.

Tengah mendorong sektor pariwisata, Bupati Kabupaten Tanah Laut Sukamta menyebutkan bahwa salah satu cara mempromosikan daerahnya adalah melalui film. 

"Film When Love Calls From the Bottom of Borneo ini menjadi kesempatan untuk mempromosikan Tanah Laut kepada dunia, tidak hanya Kalimantan Selatan dan Indonesia," kata Sukamta.

Baca juga: Taman Mahuni Batibati, Tempat Wisata Hits di Tanah Laut

Pernyataan itu ia sampaikan saat promosi film Tala “When Love Calls From the Bottom of Borneo" (WLCFBB) di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (28/7/2023). 

Menurutnya, ada banyak wisata unggulan yang bisa menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke Tanah Laut. Mulai dari pantai, air terjun, hutan, bukit, hingga wisata buatan. 

Tak hanya itu, letak Tanah Laut yang termasuk strategis dari bandara dan tidak terlalu jauh dari ibu kota Kalimantan Selatan, Banjarbaru, menjadi nilai unggulan tambahan. 

"Letak strategis, karena dari bandara ke Tanah Laut itu sekitar 1 jam lebih sedikit saja. Dari Banjarmasin, Banjarbaru, sekitar 1,5 jam sudah sampai," imbuhnya.

Baca juga: Wisata di Kotabaru Kalimantan Selatan, Jetski hingga Diving di Pantai

Lewat film WLCFBB yang rencananya akan tayang premiere di bioskop pada Agustus 2023, beberapa keindahan wisata di Tanah Laut pun ditampilkan.

Harapannya, kata Sukamta, masyaralat luas dapat tertarik dan bisa mengenal Tanah Laut. Sehingga, ke depannya semakin banyak wisatawan bisa berwisata ke Kalimantan Selatan khususnya di Kabupaten Tanah Laut. 

Wisata Tanah Laut yang dijadikan tempat syuting film

Berikut beberapa obyek wisata di Tanah Laut yang dijadikan sebagai lokasi syuting film WLCFBB:

1. Air Terjun Bajuin

Air terjun Bajuin memiliki panorama pegunungan yang indah, eksotik, dan udaranya pun masih sangat sejuk karena banyaknya pepohonan.

Di kawasan ini terdapat tiga air terjun dengan ketinggian yang berbeda, yaitu air terjun 1 berjarak 750 meter, air terjun 2 berjarak 1.200 meter dan air terjun 3 berjarak 1.800 meter dari Terminal. 

Air Terjun Bajuin terletak di Desa Sungai Bakar Kecamatan Bajuin, sekitar 10 km dari Pelaihari, Kalimantan Selatan. Dok. Dispar Kabupaten Tanah Laut Air Terjun Bajuin terletak di Desa Sungai Bakar Kecamatan Bajuin, sekitar 10 km dari Pelaihari, Kalimantan Selatan.

Wisatawan juga dapat merasakan jernihnya air terjun secara langsung, karena tidak ada larangan untuk berendam. Terdapat juga beberapa jenis burung dan tanaman anggrek hutan di Air Terjun Bajuin.

Jarak Tempuh Banjarmasin ke Air Terjun Bajuin adalah sekitar 73 km dengan estimasi waktu 1 jam 45 menit. Sedangkan dari Pelaihari ke Air Terjun Bajuin berjarak 15 km dengan waktu 30 menit. Aksesnya sudah baik dan bisa ditempuh kendaraan roda 2-4. 

Baca juga: Tarakan, Kota 1.000 Kafe di Kalimantan Utara

Selain toilet dan kamar mandi, fasilitas yang tersedia seperti gazebo, mushala, warung, taman bermain, dan juga ada silter untuk bersantai.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com