Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata ke Tanah Laut di Kalimantan Selatan, Sebaiknya Berapa Hari?

Kompas.com - 29/07/2023, 17:12 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kabupaten Tanah Laut di Provinsi Kalimantan Selatan memiliki setidaknya 23 obyek wisata.

Dengan luas 1.878 kilometer persegi, kabupaten ini menawarkan daya tarik wisata yang bervariasi, mulai dari pantai, bukit, air terjun, gunung, hingga taman, seperti dikutip dari Antara, Rabu (4/1/2023). 

Baca juga:

Lantas, wisatawan yang baru pertama kali datang sebaiknya menghabiskan waktu berapa lama guna bisa menikmati Tanah Laut?

"Paling tidak tiga hari lah, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sudah bisa dapat 7-8 tempat karena berdekatan," kata Bupati Tanah Laut Sukamta, saat ditemui Kompas.com di Bentara Budaya Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (28/7/2023). 

Lebih lanjut, ia menjelaskan, infrastruktur, seperti jalanan di Tanah Laut, sudah dibangun dan memiliki kondisi yang baik sehingga kendaraan wisata bisa berjalan dengan aman, nyaman, dan lancar. 

"Infrastruktur baik, terutama jalanan kami baik dan tidak macet. Jadi estimasi waktunya (saat berwisata) bisa kurang lebih sesuai," tuturnya. 

Baca juga:

Rekomendasi rencana perjalanan di Tanah Laut

Air Terjun Bajuin terletak di Desa Sungai Bakar Kecamatan Bajuin, sekitar 10 km dari Pelaihari, Kalimantan Selatan. Dok. Dispar Kabupaten Tanah Laut Air Terjun Bajuin terletak di Desa Sungai Bakar Kecamatan Bajuin, sekitar 10 km dari Pelaihari, Kalimantan Selatan.

Beberapa tempat wisata yang direkomendasikan oleh Sukamta untuk wisatawan yang baru pertama kali datang, antara lain Pantai Takisung dan Pantai Batakan baru.

Kemudian ia juga menyarankan pergi ke Air Terjun Bajuin, Taman Permana, dan Desa Tanjung Dewa, serta mencoba aneka kuliner di Kota Pelaihari, ibu kota Kabupaten Tanah Laut.

Pada hari pertama, Sukamta mencontohkan, wisatawan bisa pergi ke Pantai Takisung, Pantai Batu Lima, dan Pantai Batakan Baru. 

Selanjutnya pada hari kedua, wisatawan bisa mengeksplorasi Taman Permana, lanjut ke Air Terjun Bajuin, dan menjelajahi tempat wisata di Kota Pelaihari. 

Pada hari terakhir, wisatawan bisa mengunjungi Taman Labirin Pelaihari, Taman Mahano, dan mengakhiri perjalanan di makam ulama di Bati-Bati atau ke perajin sasirangan di Desa Martadah Baru. 

Baca juga: Paloh, Tempat Favorit Penyu Hijau Bertelur di Ekor Kalimantan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com