Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary 3 Hari 2 Malam di Tanah Laut Kalimantan Selatan

Kompas.com - 31/07/2023, 17:28 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber Tribunnews

KOMPAS.com - Saat berwisata di Provinsi Kalimantan Selatan, kamu bisa ke Kabupaten Tanah Laut yang memiliki sejumlah tempat wisata menarik.

Kabupaten Tanah Laut memiliki potensi wisata yang cukup lengkap dan akses yang mudah dijangkau dari ibu kota Kalimantan Selatan, Banjarbaru. Di kabupaten ini terdapat pantai, bukit, air terjun, dan taman. 

Baca juga:

Untuk berwisata ke kabupaten tersebut, umumnya masyarakat akan tinggal di ibu kota Kabupaten Tanah Laut, Pelaihari, baru menjelajahi Tanah Laut selama sekitar tiga hari. 

"Paling tidak tiga hari-lah, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Sudah bisa dapat 7-8 tempat karena berdekatan," kata Bupati Tanah Laut Sukamta, saat ditemui Kompas.com di Bentara Budaya Jakarta, Jakarta Pusat, Jumat (28/7/2023).

Jika tertarik untuk berkunjung, berikut contoh itinerary (rencana perjalanan) tiga hari dua malam berwisata di Kabupaten Tanah Laut, seperti direkomendasikan oleh Sukamta. 

Hari pertama di Tanah Laut

Beli ikan segar di Pantai Takisung

Pantai Takisung di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Dok. Dispar Kabupaten Tanah Laut Pantai Takisung di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Pagi hari, kamu bisa menuju Pantai Takisung yang berada di Desa Takisung, Kecamatan Takisung, sebelah barat wilayah Kabupaten Tanah Laut. Jaraknya kurang lebih 22 kilometer (km) dari Kota Pelaihari. 

Di Pantai Takisung, wisatawan bisa membeli ikan segar dan ikan kering langsung dari nelayan. Pasar-pasar di area tersebut juga menjual jajanan khas pantai, mulai dari ikan asin, hiasan kerang, udang, ikan, sampai terumbu karang.

Meskipun perairan di Pantai Takisung merupakan bagian dari Laut Jawa, namun ombaknya tidak besar seperti halnya pantai selatan Pulau Jawa. 

Dengan demikian, pantai tersebut aman untuk wisata dan menjadi pemukiman, seperti dilansir dari laman Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut

Baca juga:

Wisata ke Pantai Batu Lima

Pantai Batu Lima di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Dok. Dispar Kabupaten Tanah Laut Pantai Batu Lima di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Selanjutnya, berpindah ke pantai lain yaitu Pantai Batu Lima. Pantai ini berada di Desa Kuala Tambangan, Kecamatan Takisung. Berjarak sekitar 20 km dengan waktu tempuh kira-kira 30 menit dari Pantai Takisung. 

Kawasan pantai ini cukup luas yakni sekitar 70 hektar, dengan fasilitas cottage sebanyak 18 buah dan dilengkapi dengan taman bermain anak-anak.

Selain itu, terdapat juga tempat bersantai di tepi pantai dengan pemandangan lima buah batu di bibir pantai yang menjadi legenda.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com