Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Wisata yang Wajib Dikunjungi di Tanah Laut, Ada Pantai Batakan Baru

Kompas.com - 31/07/2023, 10:10 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.comKabupaten Tanah Laut di Provinsi Kalimantan Selatan punya beragam destinasi wisata menarik. Mulai dari pantai, air terjun, bukit, hingga wisata buatan seperti taman. 

Jika berkunjung ke Tanah Laut, berikut beberapa tempat wisata yang direkomendasikan oleh Bupati Tanah Laut Sukamta

"Pantai Takisung atau Pantai Batakan Baru yang dekat (dari ibukota Tanah laut atau dari Banjarbaru), Air Terjun Bajuin, ruang publik kami juga ada namanya Taman Permana," ujarnya saat ditemui di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (28/7/2023).

 

Selain itu, Sukamta juga menyarankan desa produksi batik seperti sasirangan, atau Desa Tanjung Dewa yang juga memiliki pantai untuk menikmati aneka kuliner khas Pelaihari, ibukota Kabupaten Tanah Laut. 

Rekomendasi wisata Tanah Laut

Berikut ini Kompas.com rangkum rekomendasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Kabupaten Tanah Laut:

1. Air Terjun Bajuin

Dilansir dari laman Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut, Air Terjun Bajuin terletak di Desa Sungai Bakar, Kecamatan Bajuin, dengan jarak sekitar 10 km dari kota Pelaihari. Untuk menuju wisata ini, bisa naik mobil dan sepeda motor.

Air Terjun Bajuin terletak di Desa Sungai Bakar Kecamatan Bajuin, sekitar 10 km dari Pelaihari, Kalimantan Selatan. Dok. Dispar Kabupaten Tanah Laut Air Terjun Bajuin terletak di Desa Sungai Bakar Kecamatan Bajuin, sekitar 10 km dari Pelaihari, Kalimantan Selatan.

Air ini cukup indah, berada di atas pegunungan yang masih di tumbuhi oleh pohon-pohon yang rindang, sejuk dan dengan panorama alam yang sangat indah.

Terdapat tiga buah obyek wisata di Air Terjun Bajuin yang bisa dinikmati oleh para wisatawan, yaitu air terjun 1 berjarak 750 meter, air terjun 2 berjarak 1.200 meter dan air terjun 3 berjarak 1800 meter dari Terminal.

Baca juga: Tempat Wisata di Tanah Laut Kalimantan Selatan Jadi Lokasi Syuting Film, Ada Air Terjun

Air Terjun Bajuin sudah dilengkapi fasilitas seperti toilet, tempat istirahat, warung, musholla, dan juga ada silter untuk bersantai.

2. Pantai Takisung

Pantai Takisung adalah merupakan obyek wisata pantai dengan aktivitas jual beli ikan segar maupun ikan kering langsung dari nelayan.

Pantai Takisung di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Dok. Dispar Kabupaten Tanah Laut Pantai Takisung di Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

Pasar-pasar di sana juga menjual jajanan khas pantai, mulai dari ikan asin, hiasan kerang, udang, ikan, sampai terumbu karang. 

Pantai Takisung terletak di desa Takisung, Kecamatan Takisung, yaitu sebelah barat wilayah Kabupaten Tanah Laut. Jaraknya kurang lebih 22 km dari kota Pelaihari atau kurang lebih 87 km dari ibu kota Kalimantan Selatan yaitu Banjarmasin.

Baca juga: Kabupaten Tanah Laut di Kalimantan Selatan, Kaya Keragaman Wisata dan Lokasi Strategis

Meskipun Pantai Takisung merupakan Laut Jawa, namun ombaknya tidak besar seperti halnya pantai selatan pulau Jawa. Sehingga aman untuk wisata maupun menjadi pemukiman.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com