Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Wisata ke Pantai Kelingking di Bali Usai Kebakaran

Kompas.com - 31/07/2023, 22:42 WIB
Gading Perkasa,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pada Minggu (30/7/2023) lalu, kebakaran melalap Pantai Kelingking di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

Dalam video berdurasi singkat yang diunggah akun Instagram @denpasarnow, terlihat api menyebar ke area semak belukar di pantai tersebut akibat angin yang berembus kencang.

Baca juga:

Terkait hal itu, Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Kabupaten Klungkung, Ni Made Sulistiawati mengatakan, kebakaran di Pantai Kelingking sudah ditangani pada Minggu (30/7/2023).

"Kami akan mengecek lokasi (kebakaran lebih dulu), sementara masih dipasangi police line (garis polisi)," ujar Sulis saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (31/7/2023).

Tips wisata ke Pantai Kelingking pasca-kebakaran

Kawasan Pantai Kelingking tetap dibuka untuk umum pasca-kebakaran. Akan tetapi, untuk sementara waktu, ada tips yang sebaiknya dipahami wisatawan sebagai berikut.

1. Tidak turun ke pantai

Pantai Kelingking di Nusa Penida, BaliDok. Kemenparekraf Pantai Kelingking di Nusa Penida, Bali

Sulis menyampaikan, pihaknya akan memantau kondisi Pantai Kelingking usai kebakaran guna memastikan apakah wisatawan bisa turun ke pantai atau tidak.

"Untuk wisatawan yang akan turun ke pantai, kita pantau dulu kondisi pasca-kebakaran, apakah memungkinkan atau tidak," tuturnya.

Tanggapan senada juga disampaikan oleh pihak agen perjalanan Nusa Penida Day Trip melalui pesan langsung di Instagram kepada Kompas.com, Senin (31/7/2023). Wisatawan diimbau tidak turun ke pantai, mengingat banyak batuan yang lepas karena tidak ada semak belukar.

Baca juga:

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com