Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Terbesar di Dunia Mendarat di Bali, Kunjungan Turis Asing Tembus 1 Juta

Kompas.com - 03/08/2023, 13:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

Sumber BPS

KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, jumlah kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) alias turis asing mencapai 1,06 juta kunjungan pada Juni 2023. Jumlah kunjungan tersebut naik 11,44 persen dibandingkan Mei 2023 (mtm) dan melesat 119,64 persen dibandingkan Juni 2022 (yoy).

Baca juga:

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini mengatakan, ada beragam faktor pendorong kenaikan kunjungan wisman ke Tanah Air pada medio 2023 ini.

Salah satunya adalah penerbangan pesawat komersial terbesar di dunia, Airbus A380-800 milik maskapai Emirates di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali.

“Kenaikan kunjungan wisman di Juni 2023 ini disebabakan oleh beberapa faktor. Pertama, penerbangan pesawat terbesar di dunia Airbus A380-800 milik maskapai penerbangan Emirates, yang diterbangkan secara komersial mulai Juni 2023 di Bandara Ngurah Rai, dengan kapasitas 600 orang,” terangnya dikutip Kompas.com dari Youtube BPS Statistics, Kamis (3/8/2023).

Untuk diketahui, pesawat komersial terbesar di dunia Airbus A380-800 milik maskapai Emirates resmi mendarat di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, pada Kamis (1/6/2023). Pesawat tersebut melayani rute Dubai-Bali-Dubai dengan frekuensi dua penerbangan setiap harinya. 

Airbus A380 Emirates mendarat di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Kamis (1/6/2023).DOK EMIRATES Airbus A380 Emirates mendarat di Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali, Kamis (1/6/2023).

Sebelumnya, rute tersebut dioperasikan oleh Emirates menggunakan pesawat Boeing 777-300ER. Bandara I Gusti Ngurah Rai menjadi salah satu dari 53 bandara di dunia yang melayani penerbangan komersial reguler Airbus A380 yang dioperasikan oleh Emirates.

Selain kedatangan pesawat terbesar di dunia, lanjut Pudji, faktor pendorong kenaikan kunjungan wisman ke Indonesia adalah peningkatan frekuensi penerbangan sejumlah maskapai penerbangan.

Baca juga:

Meliputi, peningkatan frekuensi penerbangan maskapai Garuda Indonesia dari Jakarta ke sejumlah negara seperti Thailand, Korea Selatan, dan Hong Kong serta penambahan rute baru Jakarta-Perth dari maskapai AirAsia.

“Selain itu, ada liburan Hari Waisak 2 Juni kemarin yang menyebabkan peningkatan wisman yang cukup tinggi dari Singapura, di semua pintu di Provinsi Kepulauan Riau seperti Batam, Tanjungpinang, Karimun, dan Tanjung Uban,” imbuhnya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com