Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bak Blau, Kolam Sebening Kaca di Pulau Enggano Bengkulu

Kompas.com - 04/08/2023, 11:10 WIB
Firmansyah,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BENGKULU, KOMPAS.com - Bak Blau termasuk obyek wisata alam yang populer di Pulau Enggano, Bengkulu. Letaknya di Desa Meok, Dusun Kaai, Kecamatan Enggano, Kabupaten Bengkulu Utara.

"Bak Blau dalam bahasa Enggano (artinya) mata biru karena sumber airnya berwarna biru, airnya letaknya di tengah kolam Bak Blau," tutur salah seorang warga setempat, Diki kepada Kompas.com, Jumat (4/8/2023).

Baca juga:

Bak Blau sesungguhnya adalah muara yang berdampingan dengan pantai, berbatasan dengan Samudera Hindia. Dijuluki "si mata biru" oleh warga setempat lantaran sumber mata airnya jernih sebening kaca berwarna biru.

Sumber mata air itulah yang bercampur dengan air laut, menghasilkan warna biru terang.

Siangnya menangkap ikan, malamnya melihat bintang

Wisatawan mandi di BakblauKOMPAS.COM/FIRMANSYAH Wisatawan mandi di Bakblau

Saat mengunjungi Bak Blau, wisatawan dapat melihat rimbunnya tanaman mangrove menghiasi tepian kolam dengan akarnya yang menonjol. Burung bangau dan aneka ikan yang terlihat dari permukaan menambah indahnya suasana.  

Matahari yang terik seolah menggoda wisatawan untuk melompat dan mandi ke dalam Bak Blau. Namun, hati-hati, rata-rata kedalamannya sekitar tiga meter dengan dasar batuan kapur (karst) dan karang berpasir.

Air di kolam tersebut terasa sejuk, sekaligus berasa payau dengan sedikit rasa manis di mulut. Maklum, air tawar yang jadi sumber Bak Blau sering bercampur dengan air laut. 

Bagi wisatawan pencinta wisata alam, mereka tak harus menginap di hotel lantaran bisa mendirikan tenda di tepi pantai, lalu memancing atau menjaring ikan.

Malamnya, wisatawan bisa membakar ikan hasil tangkapan sambil menikmati panorama lautan bintang di langit. Berbaring terlentang di tepi pantai sembari menatap langit malam bisa jadi pengalaman menarik.

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com