Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Kuin Utara, Ada Wisata Religi Masjid Tertua di Kalimantan

Kompas.com - 04/08/2023, 17:53 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Desa Wisata Kuin Utara wajib jadi salah satu yang dituju bila sedang berwisata religi di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Desa ini masuk 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Berjarak sekitar 36,8 kilometer (km) dari Bandara Internasional Syamsuddin Noor, desa wisata ini menjadi lokasi Masjid Sultan Suriansyah dan makam Sultan Suriansyah.

Baca juga:

"Dua destinasi ini menjadi satu kesatuan yang kalau kita kelola dengan baik akan menjadi destinasi wisata yang membuka banyak peluang usaha dan menyerap tenaga kerja," tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat berkunjung ke desa wisata tersebut, lewat keterangan resmi, Kamis (3/8/2023).

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi makam Sultan Suriansyah yang merupakan salah satu daya tarik wisata yang ada di Desa Wisata Kuin Utara, Banjarmasin, (3/8/2023).Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi makam Sultan Suriansyah yang merupakan salah satu daya tarik wisata yang ada di Desa Wisata Kuin Utara, Banjarmasin, (3/8/2023).

Sebagai informasi, Sultan Suriansyah merupakan raja muslim pertama di Kerajaan Banjar. Pada masa kepemimpinannya, agama Islam menyebar ke beberapa daerah di Kalimantan.

Salah satu peninggalannya adalah Masjid Sultan Suriansyah. Terletak di tepi Sungai Kuin, masjid ini termasuk yang tertua di Kalimantan lantaran dibangun sekitar tahun 1526-1550. 

Tidak jauh dari masjid terdapat kompleks makam Sultan Suriansyah yang kerap menjadi lokasi ziarah. Makam tersebut dikelilingi pagar sepanjang 6,4 meter dan setinggi 2,35 meter. 

Dilansir dari laman Jejaring Desa Wisata (Jadesta), Jumat (4/8/2023), nisan di makam tersebut terbuat dari kayu dan tidak memiliki jirat. 

Baca juga:

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com