Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara ke Bandara Adi Soemarmo Solo, Bisa Naik Kereta

Kompas.com - 09/08/2023, 11:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Bandara Internasional Adi Soemarmo berada di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Dari Kota Solo, jaraknya sekitar 16 kilometer (km) dengan waktu tempuh selama 30-40 menit berkendara.

Meskipun jaraknya relatif jauh, namun masyarakat tidak perlu khawatir, lantaran tersedia beragam transportasi ke Bandara Adi Soemarmo. Meliputi KA bandara, Batik Solo Trans (BST), taksi, dan angkutan sewa.

Baca juga:

Setiap transportasi memiliki tarif dan rute masing-masing. Jadi, kamu bisa menyesuaikan dengan destinasi tujuan baik dari Kota Solo ke Bandara Adi Soemarmo, dan sebaliknya.

Transportasi ke Bandara Adi Soemarmo 

Kompas.com merangkum beberapa cara ke Bandara Adi Soemarmo sebagai berikut.

1. KA Bandara Solo

KA Bandara Adi Soemarmo di Stasiun Balapan SoloWikimedia Commons KA Bandara Adi Soemarmo di Stasiun Balapan Solo

Kereta Bandara Internasional Adi Soemarmo (BIAS) atau dikenal dengan kereta Bandara Solo, menghubungkan rute Stasiun Solo Balapan, Stasiun Purwosari, Stasiun Klaten, menuju Bandara Adi Soemarmo di Boyolali, dan sebaliknya.

Rencananya, rute kereta Bandara Solo akan diperpanjang hingga ke Purworejo dan Yogyakarta, seperti dikutip dari Kompas.com (6/7/2023).

Harga tiket kereta Bandara Solo mulai dari Rp 7.000 hingga Rp 15.000 per orang. Sementara, waktu tempuh perjalanan sekitar 20 menit hingga 1 jam, bergantung dari jarak tempuh.

2. Batik Solo Trans (BST) 

Bus Batik Solo Trans (BST) di Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (31/10/2022).KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati Bus Batik Solo Trans (BST) di Kota Solo, Jawa Tengah, Senin (31/10/2022).

Batik Solo Trans merupakan angkutan perkotaan di Kota Solo. BST menghubungkan penumpang di sejumlah titik yang terbagi menjadi enam koridor, berdasarkan informasi dari website Pemerintah Kota Solo.

Khusus rute ke Bandara Adi Soemarmo, penumpang bisa menaiki BST koridor 1 dengan rute Terminal Palur-Bandara Adi Soemarmo, dan sebaliknya.

Sepanjang perjalanan, BST koridor 1 berhenti di sejumlah titik, yakni Terminal Palur – Jalan Ir. Sutami – Jalan Kol. Sutarto – Jl. Jenderal Urip Sumoharjo –   Jalan Jenderal Sudirman – Jalan. Brigjend. Slamet Riyadi – Pabelan – Jalan Adi Soemarmo – Terminal Kartosuro – Bandara Adi Soemarmo.

Tarif BST per 1 Januari 2023 adalah Rp 3.700,00 untuk penumpang umum. Sementara, pelajar, lansia, dan difabel tidak dipungut tiket alias gratis.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com