Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Wisata Dekat Lokananta Bloc Solo, Banyak Destinasi Baru

Kompas.com - 30/07/2023, 11:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Lokananta Bloc merupakan ikon wisata baru di Kota Surakarta atau Solo. Sesuai namanya, obyek wisata ini adalah wajah baru studio rekaman musik legendaris di Kota Solo, Lokananta. 

Pada 3 Juni 2023 lalu, Lokananta resmi dibuka kembali usai renovasi sejak November 2022 dengan nama baru yakni Lokananta Bloc.

Baca juga:

Meskipun sudah direnovasi, pengunjung masih bisa menjumpai beragam koleksi studio rekaman musik Lokananta dari waktu ke waktu, seperti piringan hitam, compact disk (CD), kaset, mesin rekaman, mesin pemotong pita, dan sebagainya.

Pengunjung menjajal mendengarkan rekaman musik di Galeri Lokananta, Solo, Jawa Tengah, Kamis (15/6/2023). Pasca-revitalisasi, Galeri Lokananta dibuka untuk umum pada Rabu-Senin, pukul 10.00-17.00 WIB.Kompas.com/Reza Kurnia Darmawan Pengunjung menjajal mendengarkan rekaman musik di Galeri Lokananta, Solo, Jawa Tengah, Kamis (15/6/2023). Pasca-revitalisasi, Galeri Lokananta dibuka untuk umum pada Rabu-Senin, pukul 10.00-17.00 WIB.

Kini, Lokananta Bloc dilengkapi berbagai fasilitas seperti museum atau galeri studio rekaman, arena pertunjukan, area kuliner, dan galeri UMKM. Selain melihat koleksi studio rekaman Lokananta, pengunjung bisa menonton konser, atraksi seni budaya, mengunjungi pameran musik, dan belanja vinyl serta cinderamata musik.

Wisatawan juga bisa sekadar nongkrong di kafe atau bersantai menikmati sore di ampiteater Lokananta Bloc.

Wisata dekat Lokananta Bloc 

Lokananta Bloc berada di Jalan Ahmad Yani Nomor 379 A, Kerten, Kecamatan Laweyan, Kota Solo. Obyek wisata berbasis musik ini dekat dengan sejumlah tempat wisata yang bisa dikunjungi saat berada di Kota Solo.

Kompas.com merangkum tempat wisata dekat Lokananta Bloc, sebagai berikut.

1. Masjid Raya Sheikh Zayed

Eksterior Masjid Raya Sheikh Zayed, Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Selasa (28/2/2023). Masjid yang merupakan hibah dari Putra Mahkota UEA Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan ini, sudah diresmikan dan dibuka untuk umum.KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN Eksterior Masjid Raya Sheikh Zayed, Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Selasa (28/2/2023). Masjid yang merupakan hibah dari Putra Mahkota UEA Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan ini, sudah diresmikan dan dibuka untuk umum.

Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan wisata religi baru Kota Solo yang diresmikan pada Senin (14/11/2022) lalu. Masjid ini merupakan replika Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA).

Masjid megah tersebut merupakan hibah dari Putra Mahkota UEA Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dengan luas bangunan utama sekitar 8.000 meter persegi, Masjid Raya Sheikh Zayed digadang menjadi masjid terluas di Solo.

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo mampu menampung hingga 10.000 jemaah. Lokasinya berada di Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, atau sekitar 4,3 kilometer dari Lokananta Bloc.

2. Taman Tirtonadi 

Taman Tirtonadi, tempat istirahat yang pas bagi mereka yang lewat Solo.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Taman Tirtonadi, tempat istirahat yang pas bagi mereka yang lewat Solo.

Taman Bendung Tirtonadi atau Taman Tirtonadi adalah salah satu taman anyar di Kota Solo yang diresmikan pada 2019 lalu. Sesuai namanya, lokasi taman  berada di depan Terminal Bus Tirtonadi, sekitar 3,3 km dari Lokananta Bloc.

Mengutip Kompas.com (21/1/2019), Taman Bendung Tirtonadi berada di pinggir Sungai Pepe yang bermuara di Sungai Bengawan Solo. Pinggiran sungai tersebut, dilengkapi dengan pedestarian dan taman sehingga bisa menjadi tempat nongkrong warga.

Ikon taman ini adalah jembatan melintang di atas sungai. Uniknya, material jembatan tersebut sebagian besar menggunakan kaca, baik di lantai maupun pembatas kanan dan kiri.

3. Stadion Manahan 

Stadion Manahan Solo yang Kini Buka sampai Malam.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Stadion Manahan Solo yang Kini Buka sampai Malam.

Lokananta Bloc hanya berjarak sekitar 2,4 km dari Stadion Manahan, yang merupakan stadion kebanggan warga Kota Solo. Stadion berkapasitas 25.000 penonton ini berada di Jalan Adi Sucipto Nomor 1, Manahan, Kecamatan Banjarsari. 

Stadion yang diresmikan pada 21 Februari 1998 ini dulunya adalah lapangan pacuan kuda Kadipaten Mangkunegaran. Kini, selain sebagai tempat olahraga, Stadion Manahan juga menjadi destinasi wisata.

Ikon Kota Solo ini buka hingga malam hari. Jadi, masyarakat bisa berolahraga setelah bekerja atau sekadar hunting foto dan kuliner di area stadion.

Baca juga:

4. Monumen 45 

Monumen 45 Banjarsari dibangun untuk mengenang peristiwa Serangan Umum Surakarta yang diresmikan pada Hari Pahlawan 10 November 1976 oleh Gubernur Jawa Tengah Soepardjo Roestam.Dok. BPPD Kota Surakarta Monumen 45 Banjarsari dibangun untuk mengenang peristiwa Serangan Umum Surakarta yang diresmikan pada Hari Pahlawan 10 November 1976 oleh Gubernur Jawa Tengah Soepardjo Roestam.

Sekitar 5,6 km dari Lokananta Bloc, kamu bisa menjumpai bangunan bersejarah yakni Monumen 45 atau dikenal sebagai Monumen 45 Banjarsari. Alamatnya berada di  Setabelan, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

Monumen 45 dibangun pada 31 Oktober 1973 untuk memperingati peristiwa Serangan Umum Empat Hari di Kota Solo, pada 7-10 Agustus 1949. Monumen ini didirikan di Taman Banjarsari yang menjadi lokasi serangan mempertahankan kemerdekaan tersebut.

Kawasan sekitar Monumen 45 dilengkapi dengan fasilitas taman,  jalur pedestrian, hutan kota, arena olahraga, dan taman bermain. Lokasi ini menjadi tempat favorti warga Kota Solo untuk bersantai di sore hari.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com