Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Perbedaan Bandara Juanda Terminal 1 dan 2? Penumpang Wajib Tahu 

Kompas.com - 14/08/2023, 17:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Bandara Internasional Juanda merupakan salah satu pintu gerbang menuju Kota Surabaya dan Provinsi Jawa Timur. Lokasinya berada di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, atau sekitar 26 kilometer (45 menit hingga 1 jam berkendara) dari Kota Surabaya.

Sebagai bandara bertaraf internasional, tidak heran jika Bandara Juanda selalu dipadati penumpang setiap harinya. Bandara Juanda memiliki dua terminal, yakni Terminal 1 dan Terminal 2.

Baca juga:

Jarak kedua terminal cukup jauh, sekitar 15 menit berkendara. Namun, pihak pengelola Bandara Juanda telah menyediakan shuttle bus yang mengantarkan penumpang dari Terminal 1 ke Terminal 2 dan sebaliknya, secara gratis.

Lantas, apa perbedaan Bandara Juanda Terminal 1 dan 2? Simak ulasannya berikut ini.

Apa Perbedaan Bandara Juanda Terminal 1 dan 2?

Ilustrasi Bandara Internasional Juanda di Surabaya, Jawa Timur.KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN Ilustrasi Bandara Internasional Juanda di Surabaya, Jawa Timur.

Penumpang wajib mengetahui perbedaan Bandara Juanda Terminal 1 dan 2. Selain lokasi yang relatif jauh, kedua terminal tersebut melayani jenis penerbangan yang berbeda.  

Bandara Juanda Terminal 1 penerbangan apa? 

Bandara Juanda Terminal 1 merupakan bangunan yang pertama kali dibangun. Namun, lantaran penumpang yang melebihi kapasitas, sehingga pemerintah memutuskan membangun Terminal 2.

Lokasi Terminal 2 berada di lokasi lama terminal lama Bandara Juanda, dan resmi beroperasi pada Februari 2014, seperti dikutip dari website Juanda Airport.

Bandara Juanda Terminal 1 hanya melayani penerbangan domestik. Sejumlah maskapai penerbangan yang mendarat di Bandara Juanda Terminal 1 antara lain, Citilink, Sriwijaya Air, Batik Air, dan Lion Air.

Baca juga:

Bandara Juanda Terminal 2 penerbangan apa? 

Sementara itu, Terminal 2 melayani penerbangan domestik dan penerbangan internasional.

Sejumlah maskapai penerbangan yang mendarat di Bandara Juanda Terminal 2 antara lain, Garuda Indonesia, AirAsia, Lion Air, China Airlines, Singapore Airlines, Eva Air, Cathay Pasific, dan Jetstar.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com