Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute LRT Jabodebek dan Tarifnya, Masyarakat Bisa Naik Mulai Hari Ini 

Kompas.com - 28/08/2023, 13:38 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) atau LRT Jabodebek resmi beroperasi pada hari ini, Senin (28/8/2023). Peresmian moda transportasi massa ini dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Stasiun LRT Cawang, Jakarta Timur.

Jokowi meresmikan LRT Jabodebek pada Senin (28/8/2023). Peresmian dilaksanakan di Stasiun Cawang.Sekretariat Presiden Jokowi meresmikan LRT Jabodebek pada Senin (28/8/2023). Peresmian dilaksanakan di Stasiun Cawang.

Dalam sambutannya, Jokowi berharap kehadiran LRT Jabodebek dapat membuat masyarakat meninggalkan kendaraan pribadi, serta beralih ke transportasi umum tersebut.

“Kami harapkan, masyarakat berbondong-bondong beralih ke LRT, baik (masyarakat) dari Cibubur ke sekitarnya maupun dari Bekasi dan sekitarnya," ujarnya saat meresmikan LRT Jabodebek di Stasiun Cawang, Jakarta Timur, dikutip dari Kompas.com (28/8/2023).

Baca juga:

Sebagai informasi, LRT Jabodebek menghubungkan penumpang dari Cibubur dan Bekasi ke Jakarta, serta sebaliknya. Panjang lintasan LRT Jabodebek mencapai 41,2 kilometer (km). 

Pembangunan moda transportasi modern ini, membutuhkan waktu selama delapan tahun, yang dimulai sejak peletakan batu pertama (groundbreaking) pada September 2015. Pembangunan LRT Jabodebek menelan biaya mencapai Rp 32,6 triliun.

Setelah diresmikan Jokowi, masyarakat  bisa langsung naik LRT Jabodebek mulai pukul 14.00 WIB. Pada operasional awal ini, ada promo tarif LRT Jabodebek, berupa diskon 78 persen menjadi Rp 5.000 untuk seluruh lintas pelayanan, baik dekat maupun jauh. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com