Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik LRT Jabodebek ke Stasiun Gambir dan Pasarsenen, Bisa Lanjut TransJakarta

Kompas.com - 28/08/2023, 10:04 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna Kereta Api (KA) Jarak Jauh yang turun di Stasiun Gambir dan Stasiun Pasarsenen bisa mengakses LRT Jabodetabek menggunakan TransJakarta.

Calon penumpang bisa naik Transjakarta dari halte masing-masing stasiun tersebut menuju ke stasiun LRT Jabodebek terdekat, yakni Stasiun Dukuh Atas dan turun di Halte Transjakarta Dukuh Atas 2.

"Dari halte ini, pelanggan tinggal berjalan kaki menuju Stasiun Dukuh Atas," papar Pelaksana Harian Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta, Feni Novida Saragih, dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Senin (28/8/2023).

Baca juga: Jokowi Resmikan LRT Jabodebek, Langsung Beroperasi Hari ini

Alternatif lainnya, pelanggan KA Stasiun Gambir maupun Pasarsenen dapat menumpangi taksi atau transportasi online lainnya.

"LRT Jabodebek akan menambah alternatif transportasi publik dalam kota bagi pelanggan KA Jarak Jauh di wilayah kerja KAI Daop 1 Jakarta," kata Feni.

18 stasiun LRT Jabodebek

Lebih lanjut disampaikan bahwa saat ini ada 18 stasiun yang akan melayani pelanggan LRT Jabodebek. Di antaranya ada 17 stasiun tipe Typical Station dan satu stasiun tipe Interchange Station.

Stasiun LRT Jabodetabek.Dokumentasi PT Kereta Api Indonesia Stasiun LRT Jabodetabek.

Untuk diketahui, stasiun tipe Typical Station terdiri dari dua lantai. Lantai satu merupakan area boarding dan lantai dua ialah area peron.

Adapun stasiun LRT yang termasuk tipe ini yakni yaitu Stasiun Dukuh Atas, Setiabudi, Rasuna Said, Kuningan, Pancoran, Cikoko, Ciliwung, TMII, Kampung Rambutan, Ciracas, Harjamukti, Halim, Jatibening Baru, Cikunir I, Cikunir II, Bekasi Barat, dan Jati Mulya.

Baca juga: Diresmikan Jokowi Senin Ini, Berikut Daftar Stasiun LRT Jabodebek

Sementara stasiun tipe Interchange Station terdiri dari tiga lantai. Lantai satu sebagai area boarding dan komersial, lantai dua sebagai area peron, dan lantai tiga sebagai area komersial.

Stasiun tipe ini yakni stasiun Cawang dan merupakan satu satunya stasiun transit LRT.

Di area stasiun Cawang nantinya akan ditemui gerai UMKM Binaan KAI Daop 1 Jakarta yang bergerak dalam bidang kuliner.

Baca juga: Pahami, Ini Cara Naik LRT Jabodebek

Hal ini diharapkan dapat berkontribusi dalam mendorong tumbuhnya perekonomian masyarakat.

Untuk diketahui, LRT Jabodebek yang dikelola dibawah Divisi LRT Jabodebek PT Kereta Api Indonesia diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (28/8/2023).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com