Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Pemenang ADWI 2023, Ada 75 Desa di Seluruh Indonesia

Kompas.com - 28/08/2023, 17:05 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 yang digelar Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) resmi mencapai malam puncaknya pada Minggu, 27 Agustus 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyampaikan selamat dan apresiasi atas terpilihnya 75 desa wisata terbaik dari 4.573 desa wisata yang berpartisipasi tahun ini.

“Tahun ini saya targetkan 3.500, tapi melebihi jadi 4.573 desa wisata, ini luar biasa,” kata Sandiaga di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (27/8/2023).

Baca juga: Desa Ketapanrame di Mojokerto Jadi Desa Wisata Terbaik ADWI 2023

Ia juga mengatakan bahwa keberadaan desa wisata berperan besar untuk mendorong pariwisata di tingkat global sekaligus menciptakan lapangan kerja.

“Bukan Indonesia yang membangun desa, tapi desalah yang membangun Indonesia. Saya yakin desa wisata siap mendunia!” imbuh Menparekraf.

Kategori pemenang ADWI 2023

Acara Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 memberikan penghargaan untuk lima kategori penilaian bagi desa wisata.

Kelima kategori adalah Kelembagaan Desa Wisata & CHSE, Digital dan Konten Kreatif, Homestay dan Toilet Umum, Daya Tarik Pengunjung, dan Suvenir. Di setiap penghargaan telah terpilih juara 1 sampai 5, dan juara Harapan 1 sampai 5.

Terdapat juga pemberian penghargaan kepada desa wisata berdasarkan klasifikasi Desa Wisata. Di antaranya Desa Wisata Maju, Desa Wisata Berkembang, dan Desa Wisata Rintisan. Di setiap penghargaan terpilih juara 1 sampai 3 dan juara Harapan 1 sampai 5.

Baca juga: Sabet Juara 1 ADWI 2023 Daya Tarik Pengunjung, Simak 6 Pesona Desa Muntei di Mentawai

Selain juara-juara tersebut, ada juga penghargaan untuk Desa Wisata Terfavorit ADWI 2023 yang terpilih melalui voting di video masing-masing desa di kanal Youtube Kemenparekraf dan juga penilaian juri.

Adapun yang berbeda dengan tahun lalu, di tahun ini, pertama kalinya akan ada penghargaan Desa Wisata Terbaik ADWI 2023, yang merupakan penilaian dan penentuan dari dewan juri yang besifat mutlak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com