Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Ketapanrame di Mojokerto Jadi Desa Wisata Terbaik ADWI 2023

Kompas.com - 28/08/2023, 11:04 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Desa Wisata Ketapanrame di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, terpilih sebagai Desa Wisata Terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 (ADWI 2023).

Pengumuman disampaikan dalam malam penganugerahan ADWI 2023 di Teater Tanah Airku, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu (27/8/2023).

Baca juga: Desa Wisata Tari Rebo Juara 1 ADWI 2023 Kategori Suvenir

Adapun berbeda dengan tahun sebelumnya, pada tahun ini, pertama kalinya ada penghargaan Desa Wisata Terbaik ADWI 2023 untuk satu desa. Ini merupakan penilaian dan penentuan dari dewan juri yang besifat mutlak.

"Selamat saya ucapkan kepada 75 desa wisata terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Minggu malam. 

"Jadikan pencapaian ini sebagai motivasi untuk terus tetap mengembangkan desa wisata yang berkualitas dan berkelas dunia," imbuhnya. 

Pada 2023, sebanyak 75 desa wisata terpilih sebagai yang terbaik dari total 4.573 desa wisata yang berpartisipasi tahun ini.

Selain kategori Desa Wisata Terbaik, penilaian ADWI terbagi menjadi sejumlah kategori yang meliputi Daya Tarik Pengunjung, Suvenir, Homestay dan Toilet, Digital dan Kreatif, serta Kelembagaan Desa Wisata dan CHSE.

Baca juga: Desa Wisata Lawang di Sumbar Juara 1 ADWI 2023 Kategori Homestay dan Toilet

Ada juga kategori Desa Wisata Maju, Desa Wisata Berkembang, dan Desa Wisata Rintisan.

Masyarakat juga diberi waktu untuk memilih langsung kategori Desa Wisata Favorit dengan menyukai video desa yang diunggah di akun YouTube Kemenparekraf.

Daya tarik Desa Wisata Ketapanrame

Gamelan merupakan penunjang paket wisata di Desa Ketapanrame, pengunjung juga bisa mencoba memainkan alat musik iniDok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Gamelan merupakan penunjang paket wisata di Desa Ketapanrame, pengunjung juga bisa mencoba memainkan alat musik ini

Ketapanrame adalah sebuah nama desa di wilayah Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur, dengan luas wilayah pedesaan 345.642 hektar. 

Saat berada di desa ini, wisatawan akan mendapat banyak sekali pilihan alternatif wisata, mulai dari wisata alam, wisata kreasi, wisata budaya, dan edukasi.

Baca juga: Desa Wisata Muntei di Mentawai Sumbar Juara 1 ADWI 2023 Kategori Daya Tarik Pengunjung

Dilansir dari laman Jejaring Desa Wisata yang dikelola oleh Kemenparekraf, wisata alam di Ketapanrame antara lain Sumber Gempong, Air Terjun Dlundung, dan kebun kopi. Untuk wisata buatan, ada Taman Ghanjaran dan Taman Kelinci. 

Untuk wisata budaya, wisatawan bisa mencoba pencak silat, bantengan, gamelan, dan tari Mayang Rontek. Bagi yang tertarik wisata edukasi, bisa menanam padi, membajak sawah, budidaya maggot, dan pembuatan jamu. 

Desa wisata ini juga telah dilengkapi homestay yang dengan fasilitas cukup memadai, area parkir, spot foto, tempat kuliner, mushola, toilet, hingga kios suvenir. 

@kompastravel Terdapat enam polutan yang diukur dalam indeks ini. PM2.5 biasanya menjadi penentu tingkat AQI karena dianggap sebagai polutan udara paling berbahaya yang berdampak pada kesehatan manusia. World Health Organization sendiri telah menetapkan ambang batas polusi PM2.5 yakni pada 5 µg/m3. Sudah cek kualitas udara kota mu hari ini? #polisiudara #polusijakarta #polusi ? satu satu speed up - Yourplaylist ????
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com