Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Desa Wisata Religi di Indonesia, Bisa Belajar Agama dan Ziarah

Kompas.com - 07/08/2023, 15:54 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Sejumlah desa wisata di Indonesia tidak hanya menawarkan kegiatan wisata alam, tapi juga wisata religi yang beragam. 

Adapun wisata religi berbeda dengan wisata halal. Menurut Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin, wisata halal merujuk kepada layanan halal di sebuah destinasi, misalnya tempat ibadah atau restoran halal.

Baca juga:

"Kalau mengunjungi masjid itu bukan wisata halal, itu ya, itu namanya wisata religi," tutur Ma'ruf Amin, sebagaimana dilaporkan oleh Kompas.com, Minggu (5/2/2023).

Bila tertarik berwisata religi, berikut sejumlah desa wisata yang menawarkan aktivitas terkait:

Desa wisata di Indonesia dengan kegiatan wisata religi

1. Desa Wisata Religi Astana

Kompleks Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon, Jawa Barat, Minggu (12/7/2015). Makam Sunan Gunung Jati menjadi salah satu wisata religi umat muslim di Cirebon. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMOKRISTIANTO PURNOMO Kompleks Makam Sunan Gunung Jati di Cirebon, Jawa Barat, Minggu (12/7/2015). Makam Sunan Gunung Jati menjadi salah satu wisata religi umat muslim di Cirebon. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

Berlokasi di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Desa Wisata Religi Astana merupakan lokasi dari Makam Sunan Gunung Jati, salah satu dari sembilan Walisongo yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa.

Selama berkunjung ke desa wisata ini, wisatawan bisa berziarah ke Makam Sunan Gunung Jati atau mengikuti sejumlah tradisi yang ada, salah satunya Grebeg Syawal Makam Sunan Gunung Jati. 

Baca juga: Desa Wisata Religi Astana di Cirebon, Lokasi Makam Sunan Gunung Jati

2. Desa Wisata Kuin Utara

Ilustrasi bagian dalam Masjid Sultan Suriansyah di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi bagian dalam Masjid Sultan Suriansyah di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Jika ingin menjelajahi masjid-masjid tertua di Kalimantan, salah satu lokasi yang bisa didatangi adalah Desa Wisata Kuin Utara di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Di desa wisata tersebut, ada Masjid Sultan Suriansyah yang usianya diperkirakan sudah hampir lima abad. Bangunan masjidnya pun unik karena mirip Masjid Agung Demak di Jawa Tengah.

Sebagai informasi, Sultan Suriansyah merupakan raja muslim pertama di Kerajaan Banjar yang berperan dalam penyebaran agama Islam di beberapa daerah di Kalimantan.

Baca juga:

3. Desa Wisata Religi Bubohu

Desa Wisata Religi Bubohu yang ada di Gorontalo.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Desa Wisata Religi Bubohu yang ada di Gorontalo.

Desa Wisata Religi Bubohu di Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, menawarkan wisata religi berbasis alam.

Wisatawan bisa memperkaya pengetahuannya akan agama Islam lantaran di desa tersebut ada pesantren alam. Terdapat juga Masjid Walima Emas Bubohu untuk beribadah.

Jangan lupa ikut Parade Walima yang berupa arak-arakan kue walima yang dibentuk menyerupai masjid atau rumah. 

Baca juga: Desa Wisata Bubohu Gorontalo, Andalkan Wisata Religi

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com