Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Wisata Dekat Stasiun LRT Dukuh Atas, Banyak Tempat Nongkrong

Kompas.com - 28/08/2023, 22:31 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - LRT Jabodebek resmi beroperasi untuk umum pada hari ini, Kamis (28/8/2023). Moda transportasi massa ini akan melayani penumpang dari Cibubur dan Bekasi ke Jakarta, dan sebaliknya.

Sembari menjajal moda transportasi anyar ini, masyarakat bisa berkunjung ke sejumlah tempat wisata dekat stasiun LRT. Untuk diketahui, LRT Jabodebek memiliki dua rute, yakni Cibubur Line (blue line) dan Bekasi Line (green line).

Baca juga:

Cibubur Line melayani rute Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta Selatan ke Stasiun LRT Harjamukti, Cibubur. Sedangkan, Bekasi Line melayani rute Stasiun LRT Dukuh Atas, Jakarta Selatan ke Stasiun LRT Jatimulya, Bekasi.

Pada masa operasional awal, LRT Jabodebek menawarkan harga tiket promo, yakni Rp 5.000 per orang untuk semua rute perjalanan, dekat maupun jauh. Tarif promo ini berlaku selama satu bulan ke depan, sampai dengan akhir September 2023.

Wisata dekat Stasiun LRT Dukuh Atas

Jokowi meresmikan LRT Jabodebek pada Senin (28/8/2023). Peresmian dilaksanakan di Stasiun Cawang.Sekretariat Presiden Jokowi meresmikan LRT Jabodebek pada Senin (28/8/2023). Peresmian dilaksanakan di Stasiun Cawang.

Stasiun Dukuh Atas merupakan stasiun awal sekaligus pemberhentian terakhir LRT Jabodebek, baik Cibubur Line maupun Bekasi Line. Stasiun ini berlokasi di Jalan Setia Budi Tengah, Kuningan, Jakarta Selatan.

Lokasinya berdekatan dengan pemberhentian moda transportasi massa lainnya, yakni KRL Commuter Line, MRT, kereta bandara Soekarno-Hatta, dan Transjkarta. Masyarakat juga bisa menjumpai sejumlah tempat wisata dekat Stasiun LRT Dukuh Atas.

Kompas.com merangkum tempat wisata dekat Stasiun LRT Dukuh Atas sebagai berikut.

1. Terowongan Kendal

Seorang remaja berpose di Terowongan Kendal, Dukuh Atas, Jakarta Pusat sambil difoto oleh kerabatnya.KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Seorang remaja berpose di Terowongan Kendal, Dukuh Atas, Jakarta Pusat sambil difoto oleh kerabatnya.

Terowongan Kendal adalah terowongan yang menghubungkan Stasiun KRL Sudirman dengan Stasiun BNI City. Lokasi ini cukup terkenal sebagai tempat nongkrong di daerah Jakarta Selatan.

Terowongan Kendal sempat viral karena fenomena Citayam Fashion Week beberapa waktu lalu. Kamu bisa berjalan kaki dari Stasiun LRT Dukuh Atas ke Terowongan Kendal dengan jarak sekitar 1 km.

Keunikan Terowongan Kendal adalah dinding yang dihiasi mural warna-warni. Menariknya, mural tersebut dilukis langsung dari seniman asal Jerman, yaitu Snyder dan Darbotz pada 2019 lalu, berdasarkan informasi dari Kompas.com (26/01/2022).

2. Taman Dukuh Atas 

Suasana pertunjukan Liong, Tanjidor dan Gambang Kromong di trotoar Taman Dukuh Atas, Setia Budi, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkolaborasi dengan sejumlah komunitas kesenian guna menyemarakan perayaan Imlek 2571.KOMPAS.com/M LUKMAN PABRIYANTO Suasana pertunjukan Liong, Tanjidor dan Gambang Kromong di trotoar Taman Dukuh Atas, Setia Budi, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020). Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkolaborasi dengan sejumlah komunitas kesenian guna menyemarakan perayaan Imlek 2571.

Saat turun di Stasiun LRT Dukuh Atas, kamu juga bisa mampir sejenak di Taman Dukuh Atas. Kamu cuma perlu berjalan kaki sepanjang 450 meter atau 6 menit.

Taman Dukuh Atas merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berada di dekat Halte Transjakarta Dukuh Atas 1 dan 2. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (11/7/2019), Taman Dukuh Atas dilengkapi dengan sejumlah bangku taman, tangga, arena skateboard, dan arena sepeda. 

Pada sore hari khususnya akhir pekan, lokasi ini kerap dipadati warga untuk bermain skateboard, bersantai, atau menikmati pertunjukkan seni. Tenang saja, karena wisata di taman ini tidak dipungut biaya alias gratis.

Baca juga:

3. Riverside Walk Stasiun BNI City 

Spot foto di kawasan Stasiun BNI City, Sudirman, Jakarta, Minggu (19/7/2020). Lokasi ini menjadi salah satu lokasi favorit berfoto di seputaran kawasan Sudirman.KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMO Spot foto di kawasan Stasiun BNI City, Sudirman, Jakarta, Minggu (19/7/2020). Lokasi ini menjadi salah satu lokasi favorit berfoto di seputaran kawasan Sudirman.

Tempat nongkrong gratis lainnya di dekat Stasiun LRT Dukuh Atas adalah Riverside Walk Stasiun BNI City. Sesuai namanya, lokasi wisata murah meriah ini berada di dekat Stasiun BNI City.

Ruang publik ini merupakan taman di pinggir Sungai Ciliwung yang sudah ditata dengan apik. Dari lokasi ini, kamu bisa melihat gedung-gedung pencakar langit di seberang Sungai Ciliwung antara lain Wisma BNI 46 dan Hotel Shangri-La Jakarta.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com