Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awas Bayar Retribusi 2 Kali Saat ke Bukit Paralayang Watugupit, Ketahui Hal Ini

Kompas.com - 05/09/2023, 07:03 WIB
Markus Yuwono,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Viral keluhan seorang pengunjung Bukit Paralayang di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang diminta membayar dua kali tarif retribusi untuk masuk ke kawasan wisata tersebut.

Pertama, retribusi di Jalan Parangtritis atau masuk ke kawasan Pantai Parangtritis Bantul. Kedua, membayar di Tempat Penarikan Retribusi (TPR) Watugupit Gunungkidul.

Baca juga: Rute ke Bukit Paralayang Watugupit, Spot Sunset Indah di Gunungkidul

Terkait keluhan tersebut, Dinas Pariwisata Bantul langsung menerjunkan tim ke lapangan dan mengonfirmasi bahwa memang ada wisatawan yang membayar retribusi sebanyak dua kali pada Sabtu (2/9/2023).

"Kami jelaskan, itu sudah beda kabupaten sehingga perdanya beda," kata Kepala Bidang Destinasi, Yuli Hernadi saat dihubungi wartawan, Senin (4/9/2023).

Ia menambahkan, wisatawan yang mau ke Bukit Paralayang melalui kawasan Parangtritis tidak bisa diloloskan karena mereka juga melewati jalur wisata.

Selain itu, pihaknya juga kesulitan untuk membedakan wisatawan yang akan ke Parangtritis dan Paralayang.

Baca juga: Itinerary Seharian di Gunungkidul, Bisa Susur Goa dan Lihat Sunset

Di sisi lain, jika semua wisatawan yang melalui jalur tersebut diloloskan dan berwisata di Bantul tanpa membayar, maka akan terjadi kehilangan Pedapatan Asli Daerah (PAD).

"Nanti kalau (kami) bilang ke Paralayang tidak perlu bayar TPR, semua (akan) bilang ke Paralayang. Padahal mereka mau ke Parangtritis," ucapnya. 

Menghindari dua kali retribusi

Yuli menyarankan agar wisatawan dari Kota Yogyakarta yang ingin ke Bukit Paralayang Watugupit dan mau menghindari membayar dua kali retribusi bisa melalui akses Imogiri-Panggang.

Baca juga: 10 Desa Wisata di Gunungkidul, Ada Lokasi Geopark yang Diakui UNESCO

Dengan begitu, kita hanya membayar satu kali retribusi di Gunungkidul.

"Untuk jalurnya Imogiri arah Siluk terus naik, nanti lewat Panggang dan turunnya kan lewat Watugupit," kata dia.

@kompastravel Wajah baru TMII akhirnya diresmikan oleh Pak Jokowi! Wah, ini bagus banget sih air mancur menarinya! Bukan air mancur menari biasa, namanya Tirta Cerita, yang menyuguhkan pertunjukan dongeng dengan water screen dan light drone yang indah banget di langit. Bener-bener ga sabar nungguin jadwal kapan air mancur ini ada lagi! Semalam kamu ikutan nonton air mancur ini juga nggak nih?? Ceritain dong wajah baru TMII menurut kamu seperti apa! #tmiijakarta #wajahbarutmii #explorejakarta #jakartahits #jakartaviral ? original sound - Travel Kompascom
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com