Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Medan Promosikan Wisata Medis, Bisa Berobat Sambil Rekreasi

Kompas.com - 14/09/2023, 08:08 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Program Medan Medical Tourism atau Wisata Medis di Medan tengah dipromosikan oleh Dinas Pariwisata Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Melalui program tersebut, masyarakat bisa berobat dan berwisata.

"Jadi misalnya seseorang berobat di rumah sakit A. Setelah itu nanti dia bisa dibawa berjalan-jalan ke destinasi wisata di Medan atau Sumut, seperti Berastagi, Danau Toba, Bukit Lawang dan lain-lain," ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Medan, Yuda Setiawan, dikutip dari Antara, Rabu (13/9/2023).

Baca juga:

Yuda melanjutkan, pihaknya telah berkomunikasi dengan sejumlah pihak, antara lain rumah sakit, hotel, dan agen perjalanan. 

Pada Minggu (10/9/2023), Dinas Pariwisata Kota Medan dan Dinas Kesehatan Kota Medan juga telah melakukan roadshow di Kisaran, Kabupaten Asahan. 

Ilustrasi wisata medis.Dok. Shutterstock/Andrew Angelov Ilustrasi wisata medis.

Sebelumnya pada tahun 2022, dilakukan pula sosialiasi di Kabupaten Labuhanbatu. 

"Rencananya kami akan roadshow ke semua kabupaten/kota di Sumut. Namun, masih melihat kesiapan anggaran," ujarnya.

Baca juga:

Adapun Medan Medical Tourism, ucapnya, mengajak masyarakat untuk berobat di Medan. Menurutnya fasilitas dan teknologi yang ditawarkan rumah sakit di daerah tersebut tidak kalah dengan rumah sakit di luar negeri. 

Untuk diketahui, Medan Medical Tourism diluncurkan pada akhir Juni 2022 oleh Wali Kota Medan, Bobby Nasution. Tujuannya agar masyarakat tetap berobat di Medan. 

Baca juga: Panduan Lengkap ke Pos Bloc Medan

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com