Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target PAD Pariwisata Ponorogo Naik Jadi Rp 4,5 Miliar

Kompas.com - 21/09/2023, 21:36 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Target pendapatan asli daerah (PAD) tahun anggaran 2023 dari sektor pariwisata di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, dinaikkan dari Rp 2,4 miliar menjadi Rp 4,5 miliar. 

"Target awal tahun itu Rp 2,4 miliar tercapai, lalu pada pertengahan tahun diubah menjadi Rp 3,5 miliar dan terakhir diubah lagi menjadi Rp 4,5 miliar," terang Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Ponorogo, Judha Slamet Sarwo Edi, dikutip dari Antara, Kamis (21/9/2023).

Baca juga:

Judha melanjutkan, ia optimistis target tersebut terpenuhi karena capaian PAD yang sudah masuk mencapai Rp 4,2 miliar sampai pertengahan September 2023.

Angka tersebut juga menunjukkan bahwa capaian PAD dari sektor pariwisata tahun anggaran 2023 hanya tinggal Rp 300 juta, dengan sisa waktu penyerapan sekitar tiga bulan.

"Posisi kami per September ini di Rp 4,2 miliar, kurang sedikit lagi. Di sisa bulan ini optimis bisa tercapai," tutur Judha.

Telaga Ngebel termasuk penyumbang PAD tertinggi

Speed boat di Telaga Ngebel Ponorogo.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Speed boat di Telaga Ngebel Ponorogo.

Telaga Ngebel disebut sebagai salah satu penyumpang PAD sektor pariwisata tertinggi. Selain itu, ada juga dari sektor olahraga dan seni budaya, misalnya sewa gedung GOR Singodimedjo, Gedung Bulutangkis Reog, Gedung Kesenian serta Gedung Sasana Praja.

"Tapi memang yang terbesar dari Telaga Ngebel nilainya mencapai Rp 3,2 miliar, sisanya penyokong," kata Judha.

Menurutnya, sejumlah inovasi di Telaga Ngebel menjadi daya tarik tersendiri.

Baca juga:

Tidak hanya itu, naiknya sektor PAD juga berkaitan dengan dengan kenaikan penghasilan pelaku usaha serta jasa wisata di Bumi Reog ini.

"Yang jelas kawasan ekonomi mikro di kawasan Telaga Ngebel juga terangkat naik, karena wisatawan banyak yang berdatangan," kata Judha.

Baca juga: 5 Tips Wisata di Puncak Kuik Ponorogo agar Puas Nikmati Keindahannya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com