Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wayang Jogja Night Carnival Digelar 7 Oktober 2023, Bawakan Cerita Karangan Sri Sultan HB X

Kompas.com - 02/10/2023, 13:17 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) ke-8 bakal kembali digelar di kawasan Tugu Yogyakarta (Tugu Jogja) pada Sabtu (7/10/2023). Gelaran WJNC ke-8 ini membawa beberapa perubahan daripada gelaran sebelumnya.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan, Dinas Pariwisata bersama tim kreatif membuat pembeda pada gelaran WJNC pada tahun ini, pembeda ada pada tahun ini adalah tema yang diangkat.

“Kita akan membawakan tema Pandawa Mahabiseka, berdasarkan cerita Mahabarata karangan dari Sri Sultan Hamengku Buwono X,” ucap Wahyu saat ditemui di Gedung PDIN, Kota Yogyakarta, Senin (2/10/2023).

Baca juga: 5 Motif Batik Khas Yogyakarta dan Maknanya 

Menurut Wahyu, tema yang diangkat ini sesuai dengan keadaan masyarakat Yogyakarta sekarang ini yang telah berhasil melewati masa pandemi.

“Setelah melewati masa pandemi ini membawa kita pada titik tidak berhenti bersama-sama lagi, untuk bisa pertahankan pariwisata Kota Yogyakarta ini yang bisa membawa kesejahteraan kepada masyarakat Yogyakarta,” jelas dia.

Perbedaan kedua adalah titik dimulainya WJNC akan sedikit berbeda jika dibandingkan dengan gelaran sebelumnya. Pada gelaran WJNC tahun ini starting point atau titik dimulainya WJNC ada di dua titik.

Baca juga: 3 Kota Ini Jadi Destinasi Favorit dalam KAI Expo 2023, Ada Yogyakarta

“Sebelumnya WJNC diawali di starting point yang sama yakni di Jalan Jenderal Sudirman, kali ini akan buat 2 starting poin yakni di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Pangeran Diponegoro,” jelas dia.

Menurut Wahyu di masing-masing starting poin ini terdapat 10 rombongan yang akan memasuki venue utama di Tugu Kota Yogyakarta yang silih berganti menunjukkan penampilannya masing-masing.

Finishing point tepatnya di Jalan Margo Utomo,” kata dia.

Kemeriahan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #7 pada Jumat (7/10/2022).  Wayang Jogja Night Carnival atau WJNC #7 merupakan event tahunan yang menjadi puncak perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta. dok. Pemerintah Kota Yogyakarta Kemeriahan Wayang Jogja Night Carnival (WJNC) #7 pada Jumat (7/10/2022). Wayang Jogja Night Carnival atau WJNC #7 merupakan event tahunan yang menjadi puncak perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.

Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya menambahkan bahwa WJNC sudah masuk dalam Calender of Event sehingga dalam pelaksanaannya tempat, waktu, dan street art sebagai kekuatannya tidak boleh berubah.

“WJNC sudah jadi Calender of Event Kementerian Pariwisata,” ujar dia.

Aman meyakini setelah gelaran WJNC ini bakal menimbulkan sampah. Oleh sebab itu, pihaknya akan melakukan penanganan secara cermat dan cepat.

Baca juga: 10 Warisan Dunia UNESCO di Indonesia, Terbaru Ada Sumbu Filosofi Yogyakarta 

“Manajemen pengelolaan sampah kita atur secara khusus, ini masih melakukan koordinasi soal sampah yang sampai detik ini masih pusing terus. Ini jadi catatan penting,” ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com