Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Bisa Menitipkan Barang di Resepsionis Hotel? Cek Aturannya

Kompas.com - 07/10/2023, 10:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Tidak jarang, ada tamu hotel yang datang sebelum jadwal check in sehingga harus menitipkan barang bawaan di resepsionis. Selain itu, adapula tamu hotel yang masih memiliki kegiatan setelah check out, sehingga perlu menitipkan barang bawaan di resepsionis.

Lantas pertanyaannya, apakah bisa menitipkan barang di resepsionis? Sebelum menginap di hotel, setiap tamu sebaiknya mengetahui aturan terkait penitipan barang di resepsionis.

Baca juga:

Jadi, tamu tidak akan kesulitan mengatur barang bawaan jika datang sebelum jadwal check in atau masih memiliki kegiatan setelah check out.   

Apa bisa menitipkan barang di resepsionis?

ilustrasi check in hotel, check-in hotelShutterstock/ U Photostock ilustrasi check in hotel, check-in hotel

Mengenai jawaban apa bisa menitipkan barang di resepsionis adalah bahwa setiap hotel memiliki ketentuan penitipan barang yang berbeda-beda. Sejumlah hotel memperbolehkan tamu menitipkan barang di resepsionis.

Namun, sebagian hotel lainnya tidak menerima penitipan barang di resepsionis, melainkan di tempat khusus penyimpanan barang titipan tamu atau dikenal sebagai concierge store.

Salah satu hotel yang melayani penitipan barang di resepsionis adalah Harper Malioboro.

“Untuk koper, baik tamu sebelum check in maupun setelah check out, masih bisa dititipkan di resepsionis hotel kami,” ujar Marketing Communication Manager Harper Malioboro, Dicky Pratama, kepada Kompas.com, Kamis (5/10/2023).

Nantinya, lanjut Dicky, setiap tamu akan diberikan luggage tag atau kartu informasi barang. Luggage tag tersebut berisi informasi mengenai jenis barang, jumlah, nama tamu, nomor kamar, penerima barang, dan catatan tambahan.

Luggage tag tersebut akan ditempel di barang titipan satu lembar, dan dibawa oleh tamu satu lembar,” terangnya.

Setiap tamu yang akan mengambil barang bawaannya, lanjut Dicky, wajib menunjukkan luggage tag tersebut kepada resepsionis. Pihak Harper Malioboro tidak membatasi jumlah maupun durasi penitipan barang tamu. 

Ilustrasi koper. PEXELS/MIKHAIL NILOV Ilustrasi koper.

Sementara itu, contoh hotel yang tidak melayani penitipan barang di resepsionis adalah Holiday Inn Jakarta Kemayoran. Marketing Communication Manager Holiday Inn Jakarta Kemayoran, Priska Andriani mengatakan, penitipan barang hanya dapat dilayani di concierge store.

“Saat ini tidak bisa (titip barang di resepsionis), penitipan hanya melalui concierge store saja, jadi bukan di resepsionis,” jelasnya.

Holiday Inn Jakarta Kemayoran membatasi penitipan barang di concierge store selama 30 hari setelah tamu check out.

“Setelahnya, pihak hotel akan menghubungi tamu agar dapat mengambil koper. Jika tidak diambil, maka pihak hotel akan melakukan disposal sesuai ketentuan yang berlaku,” jelas Priska.

Selain itu, petugas penitipan barang berwenang menyortir jumlah dan besaran barang bawaan tamu yang akan dititipkan. Tujuannya, agar barang titipan tamu tidak melebihi kapasitas concierge store.

“Jika dinilai terlalu besar atau banyak, kami tidak bisa menerimanya, dikarenakan keterbatasan area (tempat penyimpanan barang titipan tamu),” tutur Priska.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com