Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary 2 Hari 1 Malam di Lamongan, Jelajah Pantai dan Goa 

Kompas.com - 08/10/2023, 21:01 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Apakah kamu berencana berlibur ke Lamongan, Jawa Timur? Jika iya, berikut rekomendasi rencana perjalanan alias itinerary dua hari satu malam di Lamongan.

Selain terkenal dengan kuliner yang lezat, Lamongan mempunyai sejumlah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari pantai, taman bermain, bukit kapur, kebun binatang, goa, dan sebagainya.

Baca juga:

Hari pertama di Lamongan 

1. Sarapan soto Lamongan 

Ilustrasi soto lamongan.SHUTTERSTOCK/Andika Romansyah Ilustrasi soto lamongan.

Wisatawan bisa memulai petualangan di Lamongan dengan mencicipi kuliner khas, yakni soto Lamongan. Ciri khas soto Lamongan adalah kuah yang berwarna kuning berasal dari bubuk koya, seperti dikutip dari Kompas.com (10/12/2020).

Bubuk koya terbuat dari kerupuk udang goreng dan bawang putih goreng yang dihaluskan. Fungsinya sebagai penyedap dan pengental kuah.

Saat disajikan, soto Lamongan dilengkapi dengan irisan daging. Wisatawan bisa dengan mudah menemukan warung soto Lamongan di kota ini.

2. Bermain wahana di Wisata Bahari Lamongan 

Salah satu wahana di Wisata Bahari Lamongan (WBL), wisata populer di Lamongan yang memadukan wisata pantai dan taman bermain dengan aneka wahana. 
Dok. https://wisatabaharilamongan.com/ Salah satu wahana di Wisata Bahari Lamongan (WBL), wisata populer di Lamongan yang memadukan wisata pantai dan taman bermain dengan aneka wahana.

Destinasi wisata pertama adalah Wisata Bahari Lamongan (WBL) yang merupakan salah satu wisata populer di Lamongan, Jawa Timur. Obyek wisata ini memadukan keindahan panorama pantai dengan beragam wahana seru.

Obyek wisata keluarga seluas 17 hektar ini, berada di kawasan Pantai Tanjung Kodok di pesisir utara pantai Jawa. Tepatnya di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Terdapat sekitar 52 wahana di Wisata Bahari Lamongan yang dapat dinikmati wisatawan anak-anak hingga dewasa. Harga tiket masuk WBL mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 145.000 per orang, bergantung dari paket yang dipilih. 

Dengan beragam wahana permainan tersebut, pengunjung bahkan bisa menghabiskan seharian penuh di Wisata Bahari Lamongan.

3. Menjelajahi Maharani Zoo dan Goa

Aktivitas memberi pakan ke satwa di Maharani Zoo dan Goa LamonganDok. http://www.maharanizoo.com/ Aktivitas memberi pakan ke satwa di Maharani Zoo dan Goa Lamongan

Tidak jauh dari Wisata Bahari Lamongan, pengunjung bisa menjumpai Maharani Zoo dan Goa. Sesuai namanya, obyek wisata ini memadukan kebun binatang dan goa dalam satu kawasan.

Pengunjung bisa menjumpai lebih dari 400 jenis satwa di kebun binatang seluas 3,5 hektar ini. Termasuk, beragam koleksi satwa langka seperti orang utan, wallaby, jerapah, beruang madu, harimau putih dan singa putih, berdasarkan informasi dari situs resminya.

Selain taman satwa, Maharani Zoo memiliki area museum dan galeri satwa yang berisi koleksi fosil satwa hampir punah, seperti ikan paus dan beruang putih.

Adapula koleksi hewan albino seperti ular albino, tikus albino, dan kanguru albino. Sebagai pelengkap, Maharani Zoo memiliki taman burung dengan beragam koleksi jenis dari  berbagai negara di dunia.

Baca juga:

Goa Maharani di Maharani Zoo dan Goa Lamongan, obyek wisata yang menawarkan wahana kebun binatang serta jelajah goa di dalam satu kawasan Dok. http://www.maharanizoo.com/ Goa Maharani di Maharani Zoo dan Goa Lamongan, obyek wisata yang menawarkan wahana kebun binatang serta jelajah goa di dalam satu kawasan

Setelah puas berkeliling kebun binatang, wisatawan bisa menjelajahi Goa Maharani. Keunikan Goa Maharani adalah keberadaan stalaktit dan stalakmit dalam goa yang terbilang unik, karena terlihat seperti istana. 

Bahkan, keindahan Goa Maharani ini banyak disandingkan dengan Taman Nasional Gua Mammoth, di Kentucky, AS dan Taman Nasional Gua Carlsbad, di New Mexico, AS.

Wisatawan dapat menjelajahi Goa Maharani yang memiliki rute sepanjang 350 meter. Menariknya, stalaktit dan stalakmit Goa Maharani masih tumbuh sekitar satu centimeter per tahun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com