Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KTT AIS Forum di Nusa Dua Bali Tidak Akan Ganggu Aktivitas Wisata

Kompas.com - 09/10/2023, 07:16 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Konferensi Tingkat Tinggi Archipelago and Island States Forum (KTT AIS Forum) akan diadakan mulai Selasa (10/10/2023) hingga Rabu (11/10/2023) di area Nusa Dua, Bali. 

Penyelenggaraan acara berskala internasional ini disebut tidak akan mengganggu aktivitas wisata yang ada di Pulau Dewata.

Baca juga:

Namun, menurut Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, lalu lintas akan sedikit terganggu pada saat para delegasi melewati rute utama dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai ke hotel dan lokasi kegiatan di Nusa Dua. 

"Tidak ada pembatasan, cuma nanti saat dilaksanakan konvoi mulai dari hotel sampai daerah BNDCC (Bali Nusa Dua Convention Center) itu mungkin akan terganggu karena pasti akan disetop di jalan seperti biasanya," terang Yudo, dikutip dari Antara, Minggu (8/10/2023).

Persiapan di Nusa Dua

Sebagai informasi, beberapa persiapan telah dilakukan di Nusa Dua terkait KTT AIS Forum 2023, salah satunya dari segi fasilitas.

Kelengkapan akomodasi juga sudah disiapkan dengan total mencapai 5.579 kamar hotel, meliputi 14 hotel bintang lima, tiga hotel bintang empat, dan tiga luxury villas yang mampu menampung sekitar 21.000 delegasi. 

General Manager The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita menyampaikan, beberapa hotel di kawasan tersebut dipilih sebagai lokasi menginap kepala negara. 

Baca juga: Sebelum Bali, 40 Negara Ini Sudah Terapkan Pajak Turis 

Kawasan Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) di Nusa Dua, Bali ITDC Nusa Dua Kawasan Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) di Nusa Dua, Bali

"Untuk penyelenggaraan KTT AIS Forum ini, beberapa hotel di kawasan dipilih sebagai lokasi menginap para kepala negara serta delegasi. Hal ini membuktikan kepercayaan pemerintah kepada kamu yang akan optimal melani dengan standar internasional," ujar Ardita, lewat keterangan resmi yang Kompas.com terima, Minggu (8/10/2023).

Kawasan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) Nusa Dua juga dipersolek dalam rangka KTT AIS Forum 2023 ini. 

Selain pembersihan rutin, ada pula penataan beach promenade Pantai The Bay yang sudah mencapai 75 persen. 

Baca juga: Mulai 14 Februari 2024, Pungutan Rp 150.000 untuk Turis Asing di Bali Resmi Berlaku

Untuk diketahui, AIS Forum merupakan wadah kerja sama antarnegara pulau dan kepulauan sedunia.

Tujuannya memperkuat kolaborasi guna mengatasi permasalahan global dengan empat area utama yaitu mitigasi dan adaptasi perubahan iklim; ekonomi biru; penanganan sampah plastik di laut; dan tata kelola maritim yang baik. 

Beberapa tamu negara yang sudah hadir di Bali, antara lain Menteri Perikanan dan Ekonomi Biru Seychelles, Jean Francois Gabriel Ferrari, dan Menteri Hubungan Luar Negeri dan Perdagangan Eksternal Kepulauan Solomon, Jeremiah Manele.

Baca juga: 50 Hotel Terbaik Dunia, Ada 1 dari Bali

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com