Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu KTT AIS Forum 2023 di Bali? Ketahui 6 Faktanya 

Kompas.com - 08/10/2023, 23:00 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Bali menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Archipelagic and Island States (AIS) Forum 2023, yang akan digelar pada 10-11 Oktober 2023 mendatang.

Berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut forum global tersebut. KTT AIS Forum 2023 akan membahas sederet isu penting, mulai dari ekonomi biru (blue economy), penanggulangan sampah laut, dan illegal fishing.

Baca juga:

Lantas, apa itu KTT AIS Forum 2023? Simak faktanya berikut ini.

1. Tentang AIS Forum 

Pertemuan Pejabat Tinggi/Senior Official Meeting (SOM) ke-8 AIS ForumAIS Forum Pertemuan Pejabat Tinggi/Senior Official Meeting (SOM) ke-8 AIS Forum

AIS Forum merupakan singkatan dari Archipelagic and Island States atau Forum Negara Pulau dan Negara Kepulauan. Berdasarkan informasi dari situs resminya, forum ini dibentuk sebagai wadah kerja sama antar negara pulau dan kepulauan untuk mengambil bagian dalam mengatasi berbagai tantangan bersama.

AIS Forum punya keunikan tersendiri, karena merangkul negara pulau dan kepulauan  di dunia, tanpa memandang luasan wilayah, ukuran pulau, maupun tingkat pembangunannya.

2. Sejarah pendirian AIS Forum

Indonesia turut berperan penting pada lahirnya AIS Forum. Berdasarkan informasi dari situs resminya, AIS Forum secara resmi didirikan pada 1 November 2018 di Manado, Sulawesi Utara, Indonesia.

Kelahiran AIS Forum melalui Deklarasi Bersama Manado atau Manado Joint Declaration pada Pertemuan Tingkat Menteri dari negara-negara peserta. Pertemuan tersebut dihadiri oleh perwakilan 21 negara, berdasarkan informasi dari situs Kominfo.

Gagasan pembentukan AIS Forum bermula dari diskusi di Konferensi Kelautan 2017 atau Ocean Conference 2017 di New York, AS. Gagasan pembentukan AIS Forum tersebut, kembali dibahas pada Konferensi Negara Pulau dan Negara Kepulauan di Jakarta pada tahun yang sama.

Setahun kemudian, gagasan pembentukan forum internasional bagi negara pulau dan negara kepulauan pun akhirnya disahkan, menjadi AIS Forum.

Baca juga:

3. Ruang lingkup kerja sama

Lantas, apa saja isu yang diangkat oleh AIS Forum?

Berdasarkan informasi dari situs resminya, anggota AIS Forum sepakat untuk fokus bekerja sama pada empat bidang yang menjadi tantangan bagi negara pulau dan negara kepulauan.

Meliputi, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ekonomi biru (blue economy), penanganan sampah laut, dan tata kelola maritim yang baik (good maritime governance). Ruang lingkup kerja sama AIS Forum tersebut, tertera dalam Manado Joint Declaration pada 2018. 

Namun dalam perkembangannya, AIS Forum mendapatkan mandat untuk mengembangkan kerja sama ke area-area lain, berdasarkan informasi dari Kominfo. Misalnya, illegal fishing, ketahanan pangan, penurunan kualitas ekosistem dan keanekaragaman hayati laut, dan sebagainya. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com