Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wahana Horor Diharapkan Jadi Daya Tarik Wisata Indonesia

Kompas.com - 09/10/2023, 15:26 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

Sumber Antara

KOMPAS.com - Wisata hantu atau mistis bukanlah hal baru di industri pariwisata luar negeri, misalnya di Inggris dan Perancis. Wisata jenis ini kerap jadi bagian dari dark tourism yang berkaitan dengan periode gelap sebuah negara, misalnya akibat perang.

Dilansir dari Antara, Sabtu (13/3/2021), wisata jenis ini juga berpeluang tumbuh di Indonesia lantaran masyarakat dinilai menyukai hal-hal berbau mistis yang mengundang rasa penasaran.

Baca juga: Ada 3 Wahana Horor Baru di Jakarta, Digelar hingga November 2023

"Apalagi budaya nenek moyang kita animisme dan dinamisme juga sangat mistis," tutur Dosen Program Studi Pariwisata Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI), Dr. Diaz Pranita. 

Wahana horor bisa jadi salah satu cara untuk menikmati wisata mistis, khususnya dari segi industri kreatif dan pariwisata.

Billy selaku Kreator Pandora Box, salah satu promotor wahana horor di Indonesia, berharap agar semua pelaku di industri ini dapat bergabung membuat wahana rumah hantu

"Tidak menutup kemungkinan, visi misi saya ke depan, semua pelaku wahana bisa bersama kami. Bareng-bareng dalam satu wadah yang besar memperkenalkan industri horor, tidak hanya di lokal, tidak hanya di Indonesia," kata Billy, saat ditemui di Jakarta, Jumat (6/10/2023). 

Baca juga: Cara ke Halloween Festival 2023 di Jakarta, Naik KRL dan TransJakarta

Sebagai informasi, sejak Jumat (6/10/2023) sampai Minggu (19/11/2023) mendatang, Pandora Box bekerja sama dengan Dendam Hotel Palmeran menggelar Halloween Festival 2023.

Melalui acara kolaborasi ini, pengunjung bisa merasakan tiga wahana rumah hantu yang mengusung konsep berbeda, dengan ciri khas hantu dan zombi. Ketiganya adalah Zombie Apocalypse: Hotel Of The Dead, Dendam Mata Terpejam, dan Singid Hotel Kamar 404.

Tarik wisatawan dunia

Wahana Singid Hotel Kamar 404 di Halloween Fest 2023 di Twin Plaza Hotel, Jakarta Barat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Wahana Singid Hotel Kamar 404 di Halloween Fest 2023 di Twin Plaza Hotel, Jakarta Barat.

Ke depannya, Billy berharap semakin banyak promotor atau industri horor bekerja sama, mengingat tingginya antusiasme masyarakat, termasuk dari dunia, terhadap wahana horor. 

"Kami ingin memperkuat Indonesia ini ada Halloween dan horor yang berkualitas. Kami juga  berharap horor bisa jadi daya tarik wisata dari Indonesia," ujar Billy.

"Karena Pandora Box (dulu) di LRT dan di mal, banyak banget turis yang datang. Karena kami sempat viral juga di luar negeri, ada wartawan-wartawan media luar yang konfirmasi (dan bertanya) ke kami. Salah satunya dari Jepang," imbuhnya. 

Baca juga: Aturan Wahana Horor di Halloween Festival 2023, Jangan Sentuh Hantu

Oleh karena itu, ia berharap tidak hanya Dendam Hotel Palmerah, nantinya industri film dan permainan juga dapat bersatu menciptakan wahana horor yang menarik.

"Kami berharap semoga pelaku-pelaku industri kita bersama-sama, saya juga tidak bisa sendiri, saya butuh bersama-sama majukan industri wahana horor untuk Indonesia," tutur dia. 

Ia juga menyebut dukungan pemerintah, misalnya Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dapat membantu memperluas jangkauan wahana horor sebagai daya tarik kepada masyarakat. 

Baca juga: 6 Tips Jajal Wahana Horor di Halloween Fest 2023, Patuhi Aturan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com