Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sumatera Utara Bakal Maksimalkan Potensi Wisata Gunung

Kompas.com - 10/10/2023, 17:25 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) berupaya memaksimalkan potensi pariwisata gunung demi menggenjot kunnungan wisatawan, baik Nusantara maupun mancanegara.

Pengembangan wisata gunung ini juga dinilai sejalan dengan program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang tengah mengembangkan potensi wisata gunung di Indonesia.

"Sumut memiliki banyak destinasi wisata gunung seperti Gunung Sibayak yang sangat digemari masyarakat," kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Sumut Zumri Sulthony di Medan, Senin (9/10/2023), seperti dikutip dari Antara.

Baca juga:

Selain Sibayak, masih ada beberapa gunung lain di Sumatrra Utara yang berpotensi dijadikan destinasi wisata.

Misalnya, Gunung Sibuaten atau Deleng Sibuaten, yang merupakan gunung tertinggi di Sumatra Utara, seperti dikutip dari Tribun Medan.

Ada pula Gunung Sorik Merapi yang memiliki kawah biru eksotis.

Fokus Kemenparekraf dalam mengembangkan wisata gunung menurutnya harus dioptimalkan demi peningkatan pariwisata.

"Program Kemenparekraf itu menjadi kesempatan besar yang mesti dimanfaatkan Sumatera Utara," ucapnya.

Baca juga:

Sebelumnya, saat agenda "Indonesia Mountain Tourism Conference" di Jakarta, 27 September 2023, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Vinsensius Jemadu mengatakan bahwa Indonesia memiliki ratusan gunung yang menjadi potensi wisata untuk dikembangkan.

Dari aspek ekonomi, Vinsensius menyebuykan, nilai ekonomi dari wisata gunung bahkan mencapai 150 juta dolar AS pada 2020.

"Kalau 2020 itu 150 juta dolar AS per tahun, kita proyeksi naik tiga kali lipat saat masa normal, di 2024. Karena kembali normalnya di 2024," tuturnya.

ia pun mengajak seluruh pihak, termasuk industri pariwisata yang membuat paket wisata untuk ikut menarik kunjungan wisatawan melalui paket wisata gunung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com