Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Museum Nasional, Kunjungi 7 Museum Gratis di Jakarta 

Kompas.com - 11/10/2023, 22:57 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Hari Museum Nasional diperingati pada 12 Oktober setiap tahunnya. Untuk memperingati Hari Museum Nasional, masyarakat bisa mengunjungi sejumlah museum gratis di Jakarta.

Selain rekreasi, berkunjung ke museum bisa menambah wawasan masyarakat. Museum gratis di Jakarta tersebut mempunyai beragam tema, mulai dari budaya, seni, sejarah, dan pengetahuan umum. 

Baca juga:

Museum gratis di Jakarta

Kompas.com merangkum sejumlah museum gratis di Jakarta sebagai berikut:

1. Museum Betawi 

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (17/10/2021).kompas.com / Nabilla Ramadhian Kampung Budaya Betawi Setu Babakan di Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (17/10/2021).

Masyarakat yang ingin mengenal lebih dalam mengenai budaya Betawi, bisa berkunjung ke Museum Betawi secara gratis. Lokasinya berada di  Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Setu Babakan, Museum Betawi berisi koleksi yang memberikan informasi mengenai Betawi dari A sampai Z. Mulai dari seni, tradisi, kuliner, hingga adat istiadat Betawi diabadikan di museum ini.

Museum Betawi terdiri dari dua lantai. Pengunjung dapat melihat koleksi benda-benda tempo dulu maupun replika yang pernah digunakan masyarakat Betawi. Misalnya, lukisan, benda-benda antik, produk budaya Betawi, alat musik, perabot rumah tangga, alat kerja, transportasi, lukisan tokoh atauu budayawan Betawi, dan sebagainya.

2. Museum Polri 

Koleksi Museum Polri lantai 1.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Koleksi Museum Polri lantai 1.

Jika tertarik dengan sejarah kepolisian di Indonesia, kamu bisa mengunjungi Museum Polri Jakarta. Alamatnya ada di Jalan Trunojoyo Nomor 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Lokasinya persis di sebelah Markas Besar Kepolisian Negara Republik Indonesia (Mabes Polri). Museum ini terbuka untuk umum dan dapat dikunjungi secara gratis

Mengutip Kompas.com (26/12/2023), pengunjung bisa menemukan koleksi atribut kepolisian. Selain itu, tersedia media interaktif berupa penjelasan seputar teknis otopsi oleh polisi.

Pengunjung juga bisa melihat dokumentasi kasus terorisme yang pernah terjadi di Indonesia, salah satunya peristiwa bom Bali 1.

Baca juga:

3. Museum Batik Indonesia 

Koleksi kain batik di Museum Batik IndonesiaKOMPAS.com/Wasti Samaria Simangunsong Koleksi kain batik di Museum Batik Indonesia

Museum yang baru dibuka untuk umum pada 12 Oktober 2022 ini, berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (30/9/2023), masyarakat dapat berkunjung ke Museum Batik Indonesia secara gratis. Pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk TMII, sebesar Rp 25.000 per orang. 

Terdapat kurang lebih 860 koleksi kain batik dari seluruh wilayah Indonesia yang dipamerkan dalam tujuh ruang berbeda. Selain itu, pengunjung bisa mengikuti kelas membatik di Museum Batik Indonesia, dengan lebih dulu melakukan reservasi melalui akun Instagram resmi Museum Batik Indonesia.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com