Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/10/2023, 14:53 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menyambut Hari Batik Nasional 2023 pada tanggal 2 Oktober, kamu bisa merayakannya dengan berkunjung ke Museum Tekstil Jakarta.

Setiap tiga bulan sekali Museum Tekstil mengadakan pameran selain batik.

Pada pameran kali ini Museum Batik mengusung tema "Matra Nir Tenun", yang memajang koleksi rajut, tenun, dan kain yang terbuat dari kulit kayu.

"Ketika sedang ada pameran, koleksi batik ada di Galeri Batik. Batik yang dipamerkan pun berbeda-beda, disesuaikan dengan tema daerahnya," kata pemandu Museum Tekstil, Ica, kepada Kompas.com di lokasi, Minggu (1/10/2023).

Baca juga: Hari Batik 2 Oktober, Intip 10 Motif Batik Populer di Indonesia

Ica melanjutkan, khusus hari ini dan Hari Batik esok hari, koleksi batik yang ada di Museum Tekstil dipindahkan dan dipamerkan di Museum Batik, Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Meskipun begitu, sebagai gantinya pengunjung bisa mengenal batik sekaligus praktik membatik di pendopo batik secara langsung. Lokasinya tepat di belakang gedung Museum Tekstil.

Lokasi, jam buka, dan harga tiket masuk Museum Tekstil

Lokasi Museum Tekstil

Museum Tekstil berlokasi di Jalan K.S. Tubun Nomor 2-4, Kota Bambu Selatan, Kecamatan Palmerah, Kota Jakarta Barat.

Jam buka Museum Tekstil

Pengunjung di pendopo batik Museum Tekstil Jakarta, Minggu (1/10/2023).Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Pengunjung di pendopo batik Museum Tekstil Jakarta, Minggu (1/10/2023).

Museum Tekstil terbuka untuk umum setiap hari kecuali hari Senin mulai pukul 09.00 WIB ada sampai pukul 15.00 WIB.

"Khusus untuk workshop membatik di pendopo Museum Tekstil, kalau bisa datangnya sebelum pukul 15.00 WIB," kata petugas di pendopo Museum Tekstil, Yeni, kepada Kompas.com, Minggu (1/10/2023).

Baca juga: Hari Batik Nasional 2 Oktober, Apakah Libur? 

Harga tiket masuk Museum Tekstil

Setiap pengunjung yang hendak masuk ke Museum Tekstil akan dikenakan tarif tiket mulai dari Rp 2.000 untuk kalangan anak-anak, mulai dari Rp 3.000 untuk kalangan mahasiswa, dan mulai dari Rp 5.000 untuk kalangan dewasa.

Sementara untuk tiket rombongan minimal 30 orang, dikenakan biaya tiket mulai dari Rp 1.500 untuk kalangan anak-anak, mulai dari Rp 2.250 untuk kalangan mahasiswa, dan mulai dari Rp 3.750 untuk kalangan. dewasa.

"Kalau mau membatik di pendopo, dikenakan biaya mulai dari Rp 50.000 untuk membatik ringkas ukuran kain 50X50 sentimeter," kata Yeni.

Baca juga: 5 Kota Batik di Indonesia, Di Mana Saja?

Yeni menambahkan, jika pengunjung hendak membatik di kain berukuran besar, tersedia kain ukuran satu meter, harganya Rp 200.000 per orang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com