Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Keliling Koleksi Kepresidenan Digelar di Bogor mulai Hari Ini

Kompas.com - 18/10/2023, 12:26 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com - Rangkaian kegiatan Museum Keliling Koleksi KepresidenanAlunan Melodi Presiden" digelar mulai Rabu (18/10/2023) sampai Selasa (24/10/2023) di Museum Kepresidenan Balai Kirti di Kota Bogor, Jawa Barat. 

“Kita apresiasi Balai Kirti yang berkreasi dengan beragam kegiatan seperti Museum Keliling Koleksi Kepresidenan ini,” kata Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto saat membuka acara Museum Keliling Koleksi Kepresidenan di Museum Kepresidenan Republik Indonesia (RI) Balai Kirti, Rabu (18/10/2023).

Baca juga:

Bima menyampaikan, salah satu cara mempopulerkan keberadaan museum saat ini yaitu menarik minat dan melibatkan anak muda untuk berkolaborasi.

Ia melanjutkan, museum pada dasarnya ialah sumber peradaban dan belakangan kembali popular lewat film dan buku.

Baca juga: Kisah di Balik Mobil Pertama Presiden Indonesia, Hasil Curian

“Sebagai Wali Kota Bogor, saya bangga ada Balai Kirti di sini, tapi saya gregetan karena (museum Balai Kirti) tidak bisa diakses dengan mudah oleh warga, ada proses yang harus dilalui,” tuturnya.

Meskipun begitu, Bima berharap semoga Museum Balai Kirti lebih dikenal masyarakat luas, dan ke depannya lebih mudah diakses.

Terdiri dari pameran, lokakarya, dan tur 

Pembukaan rangkaian kegiatan Museum Keliling Koleksi Kepresidenan oleh Wali Kota Bogor di Balai Kirti, Bogor, Rabu (18/10/2023).Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Pembukaan rangkaian kegiatan Museum Keliling Koleksi Kepresidenan oleh Wali Kota Bogor di Balai Kirti, Bogor, Rabu (18/10/2023).

Rangkaian kegiatan Museum Keliling Koleksi Kepresidenan “Alunan Melodi Presidenan” digelar dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-9 Museum Kepresidenan RI Balai Kirti.

“Pameran ini bertujuan meningkatkan minat masyarakat untuk berkunjung ke museum, serta Keberadaan museum Balai Kirti bisa lebih diketahui oleh maysarakat luas,” kata Kepala Museum Kepresidenan Balai Kirti, Linda Siagian, Rabu.

Baca juga:

Ia melanjutkan, adapun kegiatan yang akan digelar meliputi pameran, pojok ekspresi, pameran temporer, panggung budaya, lokakarya, tur sejarah, dan nonton bareng di museum.

Rangkaian kegiatan Museum Keliling Koleksi Kepresidenan terbuka untuk umum di dua lokasi. Lokasi pertama di Museum Kepresidenan RI Balai Kirti di Jalan Ir. H. Juanda Nomor 1, Kota Bogor, Jawa Barat.

Lokasi kedua adalah di Panggung Terbuka GOR Padjajaran di Jalan Pemuda 16, Kota Bogor, Jawa Barat.

Baca juga: Rute ke Istana Gebang Blitar, Rumah Presiden Soekarno Saat Remaja

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com