Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Wisata Dekat Museum Sumpah Pemuda, Banyak Bangunan Bersejarah

Kompas.com - 28/10/2023, 15:35 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Hari Sumpah Pemuda diperingati pada 28 Oktober setiap tahunnya. Salah satu cara memperingati Hari Sumpah Pemuda adalah dengan mengunjungi Museum Sumpah Pemuda yang berlokasi di Jalan Kramat Raya Nomor 106, Kwitang, Senen, Jakarta Pusat.

Melansir dari Kompas.com (25/10/2023), gedung Museum Sumpah Pemuda dulunya merupakan indekos para pelajar School tot Opleiding van Inlandsche Artsen atau STOVIA, sekaligus tempat berkumpulnya para pelajar dari berbagai kalangan pada masa itu.

Baca juga: 3 Tips Main ke Museum Sumpah Pemuda, Mampir Saat Akhir Pekan

Bangunan museum ini bergaya neoklasik, konstruksi bangunannya pun masih tampak kokoh meski sudah berusia lebih dari 100 tahun.

Pengunjung Museum Sumpah Pemuda bisa menyaksikan ruangan kongres yang berisi  podium dan diorama. Adapula koleksi benda-benda yang berhubungan dengan pelaksanaan Kongres Pemuda II, seperti replika biola WR Supratman, radio, sepeda, vespa, dan sebagainya. 

Pengunjung di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023).Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Pengunjung di Museum Sumpah Pemuda, Jakarta Pusat, Rabu (25/10/2023).

Sebelum keluar dari gedung Museum Sumpah Pemuda, terdapat media interaktif berupa layar untuk merekam video singkat berisi ucapan harapan dan tekad setiap pengunjung dalam mengisi kemerdekaan Indonesia.

Selain mengunjungi museum, kamu bisa berkeliling ke sejumlah tempat wisata dekat Museum Sumpah Pemuda, sebagai berikut:

1. Museum Kebangkitan Nasional

Replika kapal VOC di Museum Kebangkitan Nasional.KOMPAS.com / Suci Wulandari Putri Replika kapal VOC di Museum Kebangkitan Nasional.

Sekitar satu kilometer dari Museum Sumpah Pemuda, kamu bisa menjumpai Museum Kebangkitan Nasional. Di museum ini, pengunjung bisa mengetahui lahirnya organisasi pemuda pertama di Indonesia, yakni Budi Utomo. 

Sejarah Museum Kebangkitan Nasional masih berkaitan dengan Museum Sumpah Pemuda. Sebab, mengutip Kompas.com (14/5/2023), Museum Kebangkitan Nasional dulunya adalah gedung  para pelajar Stovia, yaitu sekolah pendidikan dokter pribumi di Batavia (sekarang Jakarta) pada zaman Belanda.

Oleh sebab itu, kamu akan menemukan koleksi alat kesehatan di museum ini. Selain koleksi alat kesehatan, kamu bisa melihat asrama pelajar Stovia.

Baca juga: Mengenal Tempat Lahirnya Sumpah Pemuda di Jakarta yang Dulunya Kos-kosan

2. Gedung Joang 45

Gedung Joang 45https://indonesia.go.id/ Gedung Joang 45

Wisata dekat Museum Sumpah Pemuda selanjutnya adalah Gedung Joang 45 atau Museum Joang 45. Lokasinya berada di Jalan Menteng Raya Nomor 31, Kebon Sirih, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, sekitar 1,9 km dari Museum Sumpah Pemuda.

Melnasir dari Kompas.com (17/8/2022), gedung yang dibangun pada 1938 ini, mulanya adalah sebuah hotel yang dikelola oleh keluarga L.C. Schomper, seorang berkebangsaan Belanda yang tinggal di Batavia (sekarang Jakarta).

Pada masa penjajahan Jepang, Gedung Joang 45 digunakan sebagai lokasi program pendidikan politik pemuda Indonesia yang dibiayai Jepang. Namun, arena pengajarnya kebanyakan orang Indonesia, maka materi pembelajaran yang diberikan yakni semangat merebut kemerdekaan dari Jepang.

Usai kemerdekaan RI, Gedung Joang 45 ditetapkan menjadi gedung bersejarah atau cagar budaya sejak 1972. Barulah pada 19 Agustus 1974, Geduang Joang 45 ditetapkan menjadi museum.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com