Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Wisata Favorit di Kabupaten Semarang, Dusun Semilir Paling Banyak Dikunjungi

Kompas.com - 05/11/2023, 21:01 WIB
Dian Ade Permana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

UNGARAN, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang merilis lima tempat wisata yang jadi favorit pengunjung pada Januari hingga September 2023.

Tak hanya wisata alam, tempat wisata yang digemari juga wisata sejarah dan wahana permainan.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang Wiwin Sulistyowati mengatakan, tujuan wisata yang ada sangat beragam, sehingga pengunjung bisa menentukan pilihan.

Baca juga: Rute ke Wisata Merbabu 360, Tempat Campervan di Semarang

"Wisata yang ada saat ini memang bisa memanjakan pengunjung karena pilihannya sangat banyak dan bisa menyesuaikaan keinginan," ujarnya, Minggu (5/11/2023).

Meski begitu, pihaknya juga meminta pengelola tempat wisata untuk terus meningkatkan pelayanan, baik yang dikelola pemerintah maupun swasta," kata Wiwin.

Daftar 5 wisata favorit pengunjung di Kabupaten Semarang

Berikut daftar lokasi wisata yang menjadi favorit di Kabupaten Semarang selama Januari-September 2023:

1. Dusun Semilir: 406. 977 pengunjung

Wisata Dusun Semilir, Bawen, Kabupaten Semarang.SHUTTERSTOCK/THE A3 Wisata Dusun Semilir, Bawen, Kabupaten Semarang.

Dusun Semilir berada di Bawen Kabupaten Semarang. Andalan tujuan wisata disini adalah perosotoan viral, Alun-alun Eropa, Alas Tirta, dan Banyu Biru. Serta yang pasti, banyak spot berfoto yang sangat bagus.

2. Candi Gedong Songo: 206.737 pengunjung

Candi Gedong Songo menjadi salah satu destinasi favorit di Kabupaten SemarangKOMPAS.com/Dian Ade Permana Candi Gedong Songo menjadi salah satu destinasi favorit di Kabupaten Semarang

Candi Gedong Songo merupakan peninggalan budaya Hindu yang terletak di Desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang. Letaknya yang berada di lereng Gunung Ungaran menjadikan suasana di candi ini sangat sejuk.

3. Cimory on The Valley: 182.720 pengunjung

Cimory on the ValleyShutterstock Cimory on the Valley

Berada di Jalan Soekarno-Hatta Jatijajar Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang, Cimory menawarkan wisata edukasi. Ada berbagai hewan dengan segala keunikannya yang menjadi daya tarik untuk pengunjung.

4. Taman Bunga Celosia: 141.387 pengunjung

Taman Bunga Celosia di Kabupaten Semarang.tamanbungacelosia.com Taman Bunga Celosia di Kabupaten Semarang.

Taman bunga ini berada di Desa Banyukuning Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang, searah ke Candi Gedong Songo. Disini, banyak wahana permainan dan spot foto berlatar aneka bunga.

5. Bukit Cinta: 130.704 pengunjung

Pemandangan khas Bukit Cinta Rawa Pening yaitu rawa berlatarkan barisan bukit dan gunung di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.KOMPAS.com/Anggara Wikan Prasetya Pemandangan khas Bukit Cinta Rawa Pening yaitu rawa berlatarkan barisan bukit dan gunung di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Bukit Cinta menjadi yang telah direvitalisasi menjadi salah satu tujuan favorit. Pengunjung bisa menikmati Rawa Pening yang semakin bersih dengan naik perahu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com